Tautan-tautan Akses

Serangan Teroris di Afghanistan Timur, Lebih 20 Tewas


Asap hitam mengepul dari markas besar kepolisian di Gardez, ibukota provinsi Paktia, Afghanistan, sementara pasukan keamanan Afghanistan berjaga-jaga setelah seorang pembom mobil bunuh diri dan orang-orang bersenjata menyerang markas tersebut, 17 Oktober 2017.

Lebih dari 20 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam serangan teroris terhadap pusat latihan polisi di Afghanistan timur, Selasa (17/10).

Para pejabat mengatakan serangan itu mulai ketika seorang pembom bunuh-diri meledakkan mobil yang penuh bahan peledak dekat pusat latihan itu di Gardez, ibukota provinsi Paktia. Setelah ledakan, sekelompok orang bersenjata menyerbu pusat itu dan tembak-menembak dengan polisi.

Hedayatullah Hameedi, direktur kesehatan masyarakat kota itu, mengatakan kepada para wartawan sipil dan polisi termasuk di antara korban.

Sebuah sumber dalam pemerintah provinsi Paktia mengatakan kepala kepolisian Paktia, Toralia Abydani, juga tewas dalam serangan itu.

Taliban telah mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Juru bicara Taliban Zabullah Mujahid mengatakan serangan itu adalah bagian dari operasi Mansoori-nya.

Serangan serupa terjadi hari Selasa terhadap kompleks kepolisian di provinsi Ghazni, Afghanistan selatan. Associated Press mengatakan sedikitnya tujuh orang polisi tewas dalam serangan itu. [gp]

XS
SM
MD
LG