Tautan-tautan Akses

Menlu AS di Afghanistan untuk Bahas Strategi Baru di Asia Selatan


Menlu AS Rex Tillerson bertemu dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani di pangkalan udara Bagram, Senin (23/10).

Menlu AS Rex Tillerson melakukan kunjungan mendadak ke Afghanistan untuk membahas strategi baru AS untuk Asia Selatan dengan para pemimpin negara itu.

Tillerson, dalam lawatan Timur Tengah dan Asia Selata-nya, Senin, bertemu dengan Presiden Ashraf Ghani, Kepala Eksekutif Abdullah Abdullah, dan Penasehat Keamanan Nasional Afghanistan Hanif Atmar dalam kunjungan singkatnya tersebut. Menurut kantor presiden Afghanistan, pembicaraan itu berlangsung di pangkalan udara Bagram, di luar Kabul.

"Menlu AS menyatakan strategi baru AS bagi Asia Selatan memperjelas komitmen AS untuk berkerjasama dengan pemerintah Afghanistan dan mitra-mitranya di kawasan itu untuk menciptakan perdamaian di Afghanistan dan memusnakan tempat-tempat perlindungan teroris yang mengancam usaha itu,” menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan Kedubes AS di Kabul.

Ghani mengatakan, strategi baru itu membawa perubahan positif di kawasan itu dan menambahkan, “semua pihak harus melakasankan tanggungjawab masing-masing secara sungguh-sungguh,” kata sebuah pernyataan dari istana kepresidenan. Kepala Eksekutif Abdullah Abdullah mengatakan, negara-negara regional harus mengakui bahwa suasana telah berubah.”

AS dan Afghanistan telah lama menduga bahwa Taliban Afghanistan, terutama jaringan Haqqani, memiliki tempat-tempoat persembunyian di Pakistan. Namun Islamabad mengklaim, melalui operasi militer, mereka telah memberantas semua tempat persembunyian militan di kawasan kesukuan yang tidak terjangkau hukum dan berbatasan dengan Afghanistan. [ab/uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG