Tautan-tautan Akses

Seorang Pria Spanyol Penyelundup Tembakau Tewas di Gibraltar


Pantai Gibraltar, yang merupakan bagian dari wilayah Inggris (foto: ilustrasi).
Pantai Gibraltar, yang merupakan bagian dari wilayah Inggris (foto: ilustrasi).

Seorang laki-laki Spanyol yang dicurigai menyelundupkan tembakau, tewas ketika kapalnya bertabrakan dengan kapal penjaga pantai Gibraltar, memicu ketegangan di dekat sebuah kota Spanyol, kata pejabat Inggris dan Spanyol, Selasa.

Polisi di Gibraltar, wilayah kecil Inggris itu mengatakan, mereka telah menyelidiki kematian warga negara Spanyol itu "dalam sebuah insiden yang melibatkan kapal bea cukai Inggris yang melakukan operasi anti-penyelundupan, dan kapal lain".

Mereka mengidentifikasi laki-laki berusia 42 tahun itu sebagai warga La Linea de Conception, sebuah kota Spanyol yang berbatasan dengan Gibraltar di ujung selatan Spanyol.

Menyusul insiden yang terjadi Senin malam itu, juru bicara kepolisian Spanyol mengatakan kepada AFP, kapal itu milik "beberapa tersangka penyelundup tembakau".

Tetapi tabrakan fatal itu memicu demonstrasi rusuh di kota La Linea di mana sekitar 100 orang mulai "melempari berbagai benda ke arah polisi," kata pejabat polisi itu, yang mengatakan kerusuhan berlanjut hingga malam.

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Utama Gibraltar Fabian Picardo mengatakan, penyelidikan penuh akan dilakukan dan keluarga korban akan mendapat informasi lengkap.

La Linea de Conception, sebuah kota dengan tingkat pengangguran tinggi, terletak di provinsi Cadiz selatan, yang merupakan pintu masuk bagi 40 persen dari semua narkoba yang diselundupkan ke Spanyol, kata kementerian dalam negeri. (ps/ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG