Tautan-tautan Akses

Iran Akan Bebaskan Tanker Inggris


Kapal tanker bernama Adrian Aryra 1 mengibarkan bendera Iran di perairan di wilayah Inggris Gibraltar, Minggu, 18 Agustus 2019. (Foto: Associated Press)
Kapal tanker bernama Adrian Aryra 1 mengibarkan bendera Iran di perairan di wilayah Inggris Gibraltar, Minggu, 18 Agustus 2019. (Foto: Associated Press)

Tanker minyak Inggris yang disita Iran pada Juli akan segera dibebaskan, kata kantor berita setengah resmi, Fars, Minggu (22/9).

Stena Impero dan para awaknya disita oleh Garda Revolusioner Iran di Selat Hormuz karena diduga melakukan pelanggaran maritim hanya beberapa minggu setelah pasukan Inggris menyita tanker minyak Iran di lepas pantai Gibraltar.

Inggris menuduh Iran berusaha menjual minyak, sesuatu yang melanggar sanksi internasional yang dijatuhkan pada Teheran. Gibraltar membebaskan tanker itu bulan lalu.

Kepala perusahaan Swedia yang memiliki Stena Impero, mengatakan kepada lembaga penyiaran publik Swedia, SVT, bahwa tanker itu mungkin akan dibebaskan dalam beberapa jam.

"Kami telah menerima informasi pagi ini bahwa sepertinya mereka akan membebaskan kapal Stena Impero dalam beberapa jam. Kami memahami bahwa keputusan politik untuk membebaskan kapal itu telah diambil" kata Erik Hanell.

Kepala Organisasi Pelabuhan dan Maritim Iran di Provinsi Hormozgan, Allahmorad Afifipour, mengatakan kepada Fars bahwa proses untuk mengijinkan tanker memasuki perairan internasional telah dimulai tapi bahwa kasus hukum atas kapal itu masih belum tuntas.

Dia tidak merilis informasi lain mengenai tanker itu. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG