Tautan-tautan Akses

Senin, Sidang Kasus Pelecehan Seksual Harvey Wenstein


Harvey Weinstein (tengah) meninggalkan pengadilan setelah sidang jaminan, 6 Desember 2019, di New York. (Foto: AP)

Harvey Weinstein akan diadili di New York, Senin (6/1/2020). Persidangan itu akhirnya dimulai lebih dari dua tahun setelah harian New York Times dan The New Yorker menuduh produser berusia 67 tahun itu melakukan rangkaian pelecehan seksual, penyerangan dan perkosaan.

Jika terbukti bersalah atas tuduhan pemerkosaan dan penyerangan seksual, produser ternama film-film peraih Piala Oscar itu bisa dipenjara seumur hidup. Bahkan walaupun ia dinyatakan tidak bersalah, kariernya sudah mati.

Hampir 90 perempuan, termasuk aktris Angelina Jolie dan Salma Hayek, menuduh Weinstein selama 40 tahun berperilaku sebagai predator keji. Weinstein selalu menyatakan hubungan seksual itu dilakukan secara suka sama suka.

Tuduhan terhadap Weinstein memunculkan gelombang tuduhan pelecehan seksual melibatkan orang-orang ternama dan berkuasa, mengakhiri karir mereka, sementara puluhan ribu perempuan berbagi kisah pelecehan seks yang mereka alami secara online di bawah tagar #MeToo.

Weinstein telah meminta maaf. Namun, dalam pernyataan yang dirilis segera setelah skandal itu meledak, ia membenarkan perilakunya sebagai "budaya saat itu." [ka/ft]

XS
SM
MD
LG