Tautan-tautan Akses

Harvey Weinstein Usulkan Penyelesain Ganti Rugi 44 Juta Dolar


Harvey Weinstein meninggalkan pengadilan negara bagian New York, 26 April 2019. (Foto: dok).

Mantan tokoh industri perfilman Hollywood, Harvey Weinstein telah mencapai suatu kesepakatan “sementara” bernilai 44 juta dolar untuk menyelesaikan gugatan hukum yang bersumber dari tuduhan bahwa ia melakukan pelecehan seksual , sebut laporan media.

Mereka yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kesepakatan itu dirundingkan antara Weinstein dan para korbannya, karyawan Weinstein Company, dan para kreditor yang berbisnis dengan Weinstein Company sebelum perusahaan itu mengajukan kebangkrutan.

Kesepakatan itu belum dituntaskan. Akan tetapi seorang pengacara bagi bekas studio Weinstein mengatakan kepada hakim di New York bahwa mereka kini pada prinsipnya memiliki “kesepakatan ekonomi yang didukung para penggugat, kantor jaksa agung New York, terdakwa dan semua penjamin yang, apabila disetujui, akan memberi ganti rugi yang signifikan bagi para korban, kreditor dan perusahaan dan memungkinkan para pihak menghindari litigasi yang mahal, membutuhkan waktu lama dan tidak menentu bagi semua pihak.”

Menurut berbagai laporan, uang bagi penyelesaian tersebut akan berasal dari polis asuransi, termasuk yang dimiliki Weinstein Company.

Masih ada kasus pidana yang dihadapi mantan produser yang dulu sangat berpengaruh itu. Kesepakatan 44 juta dolar itu tidak mencakup kasus itu.

Weinstein menghadapi sedikitnya lima tuduhan terkait dugaan perkosaan dan tindak pemaksaan seksual . Ia telah membantah semua tuduhan bahwa ia melakukannya secara paksa. Lebih dari 80 perempuan menuduhnya melakukan pelecehan seksual. [uh]

XS
SM
MD
LG