Tautan-tautan Akses

Jaksa Ajukan Tuduhan Baru terhadap Produser Film Weinstein


ARSIP – Harvey Weinstein, kiri, dan pengacaranya Benjamin Brafman meninggalkan pengadilan di New York, 5 Juni 2018 (foto: AP Photo/Mark Lennihan)
ARSIP – Harvey Weinstein, kiri, dan pengacaranya Benjamin Brafman meninggalkan pengadilan di New York, 5 Juni 2018 (foto: AP Photo/Mark Lennihan)

Jaksa distrik Manhattan hari Senin mengajukan tuntutan pidana baru terhadap produser film Harvey Weinstein, yang Mei lalu dituduh melakukan perkosaan dan kejahatan seksual.

Tuduhan baru itu termasuk serangan seksual dan melibatkan perempuan ketiga selain dua yang disebutkan dalam dakwaan sebelumnya. Weinstein, usia 66 tahun, yang pernah menjadi produser film paling berkuasa di Hollywood, mengaku tidak bersalah atas tuduhan pertama.

Benjamin Brafman, pengacara Weinstein, belum bisa dihubungi untuk dimintai komentar.

Lebih dari 70 perempuan menuduh pendiri kedua studio film Miramax itu melakukan pelanggaran seks, termasuk perkosaan, dalam rangkaian insiden yang terjadi puluhan tahun lalu. Tuduhan itu memunculkan gerakan #MeToo, dan mendorong ratusan perempuan secara terbuka menuduh orang-orang kuat dalam bisnis, pemerintahan, dan hiburan melakukan pelecehan seksual dan tindakan yang tidak pantas.

Setelah memecatnya, Weinstein Co mengajukan pailit Maret lalu, dan Akademi Seni dan Sains Motion Picture mengeluarkannya.

Pada tahun-tahun sebelumnya, akademi itu memberinya Piala Oscar untuk film-film yang turut mendefinisikan sinema independen pada tahun 1990-an, termasuk "Shakespeare in Love" dan "Pulp Fiction." [ka/ii]

XS
SM
MD
LG