Tautan-tautan Akses

AS

Senator AS Al Franken Minta Maaf atas Insiden Pelecehan Tahun 2006


Al Franken, Senator Partai Demokrat dari Minnesota (foto: dok).

Senator Partai Demokrat Al Franken dari Minnesota hari Kamis (16/11) meminta maaf kepada seorang penyiar berita Los Angeles yang mengatakan senator itu meraba-rabanya ketika keduanya melakukan perjalanan untuk menghibur tentara Amerika yang ditempatkan di Timur Tengah.

Leeann Tweeden, mantan pembawa acara TV, penyiar olahraga dan model Playboy, mengatakan bahwa Franken, yang menjadi komedian di acara Saturday Night Live sebelum mencalonkan diri sebagai anggota Kongres, "mencium dan meraba-raba saya tanpa persetujuan saya, dan tidak ada yang lucu tentang hal itu."

Tweeden, kini penyiar berita untuk sebuah stasiun radio, mengatakan ketika ia dan Franken sedang berlatih sebuah drama komedi untuk menghibur pasukan yang mengharuskan Franken menciumnya, ia "dengan agresif memasukkan lidahnya ke dalam mulut saya."

Dalam artikel yang dipasang di situs stasiun KABC, Tweeden berkata, "Saya pergi, yang ada di benak saya adalah ke kamar mandi secepat mungkin untuk membilas mulut saya. Saya merasa jijik dan dilanggar."

Di akhir perjalanan, saat rombongan terbang kembali ke Amerika,Tweeden mengatakan ia tertidur, dan kemudian mendapati foto Franken yang sedang tersenyum meraba payudaranya.

"Saya tidak percaya, ia meraba-raba saya, tanpa persetujuan saya, ketika saya sedang tidur," katanya. "Saya merasa dilanggar lagi, malu, diremehkan, dipermalukan, beraninya orang memegang payudara saya seperti ini dan menganggapnya lucu?"

Dalam pernyataan, Franken mengatakan, "Saya tentu saja tidak ingat latihan untuk drama komedi itu dengan cara yang sama, tapi saya menyampaikan maaf saya yang tulus kepada Leeann. Mengenai foto itu, jelas maksudnya adalah melucu tapi tidak lucu. Seharusnya saya tidak melakukannya," kata Franken.

Senator Mitch McConnell, ketua fraksi mayoritas Republik di Senat, meminta Komite Etika meninjau tindakan Franken 11 tahun yang lalu, dua tahun sebelum ia terpilih menjadi anggota Senat. [my/al]

XS
SM
MD
LG