Tautan-tautan Akses

AS

Moore Tolak Seruan Partai Republik agar Kandidat Senator AS itu Mundur


Kandidat Senator AS, Roy Moore melakukan kampanye di Jackson, Alabama, Selasa (14/11).

Kandidat Senat Amerika dari Partai Republik Roy Moore, Rabu (15/11) mengecam apa yang disebutnya tuduhan palsu mengenai perilaku seksual yang tidak baik sementara menentang seruan oleh para pemimpin partai agar ia dikeluarkan dari pemilihan khusus bulan Desember di negara bagian Alabama.

Dua wanita menuduh Moore melakukan perilaku seksual yang tidak diinginkan ketika mereka masih remaja dan Moore berusia awal 30an. Tiga wanita lain mengatakan sekitar waktu yang bersamaan akhir 1970-an, Moore mengejar mereka untuk berkencan ketika Moore menjadi jaksa penuntut lokal dan mereka masih di sekolah menengah atas.

Ketua Mayoritas Senat Mitch McConnell, Ketua DPR Paul Ryan dan dua mantan kandidat presiden dari Partai Republik, Mitt Romney dan Senator John McCain, semuanya mengatakan Moore yang berusia 70 tahun harus mundur dari persaingan.

McConnell minggu ini kepada wartawan mengatakan bahwa wanita yang mengajukan klaim tersebut "sepenuhnya bisa dipercaya" dan Moore "jelas tidak cocok berada di Senat Amerika."

Moore menanggapi dengan pesan singkat Twitter Rabu malam: "Dear Mitch McConnell, Bring It on."

Presiden Donald Trump belum mengomentari situasi ini. Moore menghadapi saingan dari Partai Demokrat dan mantan jaksa federal Doug Jones untuk mengisi masa jabatan sisa tiga tahun di Senat yang ditinggalkan Jeff Sessions, untuk bergabung dengan Kabinet Trump sebagai jaksa agung. [my/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG