Tautan-tautan Akses

Sejumlah Pejabat Korut Batalkan Pertemuan dengan Wapres AS


Wakil Presiden Mike Pence dan Ibu Karen Pence menghadiri makan malam bersama Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan istrinya Kim Jung-sook di Blue House, Seoul, Korea Selatan, 8 Februari 2018. (Foto: dok).

Sejumlah pejabat AS mengatakan Wakil Presiden Mike Pence sebelumnya dijadwalkan bertemu dengan sejumlah pejabat dari Korea Utara sebelumnya bulan ini, namun Korea Utara membatalkan pertemuan itu pada menit-menit terakhir.

Pertemuan itu dijadwalkan pada tanggal 10 Februari, sewaktu kunjungan Pence ke Korea Selatan untuk menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di PyeongChang yang diselenggarakan satu hari sebelumnya.

Baca juga: Korut Mendadak Batalkan Pertemuan Dengan Wapres AS

Pence tadinya dijadwalkan akan melangsungkan pembicaraan dengan Kim Yo-jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, dan Kim Yong-nam, kepala pemerintahan rezim Korea Utara. Kedua tokoh Korea Utara tersebut memimpin delegasi Korea Utara ke upacara pembukaan tersebut. Menurut The Washington Post, pertemuan itu dijadwalkan berlangsung di Gedung Biru, tempat kediaman presiden Korea Selatan.

Baa juga: Amerika Beri Indikasi Kesediaan Berbicara dengan Korut

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert mengatakan, Pence siap menggunakan peluang itu untuk mendesak Korea Utara meninggalkan program-program misil balistik dan nuklirnya. Namun, kata Nauert para pejabat pemerintahan Korea Utara itu membatalkan pertemuan pada saat menjelang pelaksanaannya.

Pemerintahan Presiden Donald Trump, awalnya membantah akan adanya pertemuan antara Pence dan sejumlah pejabat Korea Utara menjelang perjalanan Pence. Namun The Washington Post, berdasarkan informasi dari seorang pejabat Gedung Putih, mengatakan bahwa pertemuan itu dijadwalkan setelah CIA mendapat informasi bahwa Korea Utara ingin bertemu wakil presiden AS itu dalam kunjungan ke Semenanjung Korea. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG