Tautan-tautan Akses

AS Terus Kenakan Tekanan Maksimal Terhadap Korut


Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Heather Nauert (Foto: dok).

Walaupun dialog antar-Korea baru-baru ini di Olimpiade Musim Dingin yang telah menciptakan peluang diplomasi antara Amerika Serikat dan Korea Utara, lanjutan pembicaraan antara kedua pihak masih sulit tercapai, kata para mantan pejabat Amerika dan analis.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Heather Nauert mengatakan pekan ini Amerika berminat melakukan perbincangan awal yang bertujuan untuk menetapkan agenda pembicaraan yang lebih bermakna mengenai perlucutan nuklir Utara.

Baca juga: AS Tidak Rencanakan Serangan Militer Terbatas Terhadap Korut

Kesediaan berbincang dipandang oleh banyak pakar sebagai pergeseran halus sikap Washington untuk melanjutkan pembicaraan dengan Pyongyang dan timbul setelah kehadiran Wakil Presiden Amerika Mike Pence di pertandingan Olimpiade Pyeongchang. Harian Washington Post melaporkan bahwa dalam kunjungan Pence itu Washington dan Seoul telah menyepakati persyaratan dialog lebih jauh dengan Pyongyang.

Pemerintahan Trump mengatakan bahwa kebijakan pada umumnya mengenai Korea Utara tetap tidak berubah, dan usaha tekanan maksimal terus berlangsung, walaupun ada kelenturan mengenai dialog, sikap yang didukung luas oleh para mantan pejabat Amerika dan pakar di Washington. [gp]

XS
SM
MD
LG