Tautan-tautan Akses

Korut Mendadak Batalkan Pertemuan Dengan Wapres AS


Wakil Presiden AS Mike Pence, Kepala Negara Simbolis Korea Utara Kim Yong Nam dan adik perempuan pemimpin Korea Utara, Kim Yong Jo, menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan, 9 Februari 2018.

Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence siap mengadakan pertemuan bersejarah dengan pejabat Korea Utara di sela Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan, namun pemerintahan Kim Jong Un membatalkan pertemuan pada saat terakhir, kata pemerintahan Trump, Selasa (20/2), Associated Press melaporkan.

Kemungkinan pertemuan antara Pence dan Korea Utara sangat diantisipasi dalam kunjungan wakil presiden itu ke Pyeongchang, Korea Selatan, di mana dia memimpin delegasi A.S ke upacara pembukaan. Menjelang kunjungan Pence, pejabat Trump menegaskan bahwa mereka tidak meminta pertemuan dengan Korea Utara, namun membuka kemungkinan tersebut.

Tidak ada indikasi pertemuan memang telah direncanakan, dan kemudian dibatalkan mendadak, sampai Selasa, lebih dari seminggu setelah Pence kembali ke Amerika Serikat. Departemen Luar Negeri mengatakan bahwa Pence telah “siap untuk menggunakan kesempatan ini” untuk mendesak Pyongyang agar meninggalkan senjata nuklir dan program rudal balistiknya. [as/al]

XS
SM
MD
LG