Tautan-tautan Akses

Aktor 'James Bond', Roger Moore Meninggal pada Usia 89


Roger Moore, berbicara pada konferensi pers di Wina, Austria, 13 November 2010 (foto: dok).

Aktor Inggris Roger Moore, yang terkenal karena perannya sebagai James Bond, meninggal dunia pada usia 89 tahun.

“Dengan hati yang berat, kami harus mengumumkan ayah kami yang penuh kasih, Sir Roger Moore, telah meninggal dunia di Swiss setelah perjuangan singkat namun berani melawan kanker,” kata anak-anaknya dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa.

“Cinta yang mengelilinginya pada hari-hari terakhirnya begitu besar sehingga tidak dapat diukur dengan kata-kata saja,” tambah pernyataan itu. Mereka menambahkan, sebuah pemakaman pribadi akan diadakan di Monaco sesuai keinginan Roger Moore.

Moore memperoleh ketenaran internasional karena bermain sebagai agen rahasia terkenal James Bond dalam tujuh film yang dirilis antara 1973 dan 1985, termasuk Live and Let Die dan The Spy Who Loved Me.

Cerita dalam film-film itu didasarkan pada buku-buku karya Ian Fleming. Moore juga merupakan salah seorang yang menjabat duta terlama untuk UNICEF. Dia telah mengunjungi proyek-proyek untuk anak-anak di lebih dari 16 negara. Dia dianugerahi penghargaan prestasi seumur hidup UNICEF pertama di Inggris pada tahun 2012.

Penghargaan itu kemudian diberi nama Roger Moore, sehingga menjadi Roger Moore Lifetime Achievement Award.

“Dengan meninggalnya Sir Roger Moore, dunia telah kehilangan salah seorang pejuang besarnya bagi anak-anak – dan seluruh keluarga UNICEF telah kehilangan seorang teman yang hebat,” kata Direktur Eksekutif UNICEF Anthony Lake dalam sebuah pernyataan. [lt]

XS
SM
MD
LG