Tautan-tautan Akses

Ribuan Muslim Berkumpul di Luar Pintu Masuk Yerusalem


Warga Palestina melakukan sholat jamaah di luar pintu 'Gerbang Domba' di kota tua Yerusalem (18/7).

Berita terakhir meningkatnya ketegangan di Israel dan wilayah Palestina di tempat suci yang diperebutkan di Yerusalem dilaporkan, ribuan umat Muslim berkumpul di luar pintu masuk di sebuah tempat suci Yerusalem untuk sholat subuh, setelah para pemimpin Islam meminta mereka untuk tidak masuk ke masjid, bahkan setelah Israel mencabut detektor logam untuk keamanan yang membuat mereka marah.

Warga Muslim bersiap untuk beribadah Selasa malam di jalanan dimana acara sholat berjamaah diselenggarakan sebagai protes sejak krisis akibat tindakan pengamanan di sana meletus lebih dari seminggu yang lalu.

Israel mencabut detektor logam pada hari Selasa (25/7).

Para pemimpin Muslim telah meminta umat Islam untuk terus melakukan sholat di luar sampai semua aturan itu dicabut. Mereka menuntut peraturan yang rumit di lokasi tersebut, tempat suci baik bagi orang Yahudi dan Muslim, segera dicabut dan dikembalikan ke keadaan seperti sebelum Israel memasang detektor logam, menyusul penembakan dan pembunuhan dua petugas polisi oleh orang-orang Arab bersenjata dari dalam lokasi itu.

Warga Palestina menuduh Israel memperkuat kendali atas lokasi tersebut dengan tindakan pengamanan. Israel membantah klaim tersebut dan mengatakan mereka harus mencegah serangan lebih lanjut. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG