Tautan-tautan Akses

AS

Wapres AS Peringatkan Korut, Washington Tidak Akan Berdiam Diri


Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence, Rabu (19/4), memperingatkan agar Korea Utara tidak menguji tekad kukuh militer Amerika Serikat, dari kapal induk USS Ronald Reagan di Yokosuka, selatan Tokyo, Jepang, 19 April 2017. (AP Photo/Eugene Hoshiko).

Dari Kapal Induk USS Ronald Reagan, Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence, Rabu (19/4), memperingatkan agar Korea Utara tidak menguji tekad kukuh militer Amerika Serikat, dan menjanjikan bahwa Amerika Serikat akan memberikan tanggapan yang efektif terhadap setiap penggunaan senjata konvensional atau nuklir.

Pence mengatakan, pemerintahan Presiden Donald Trump akan terus bekerjasama dengan sekutu-sekutunya seperti Jepang, China dan negara-negara besar lainnya untuk memberlakukan tekanan ekonomi dan diplomatik terhadap Pyonyang. Namun ia mengatakan, kepada para personil militer Angkatan Laut Amerika Serikat bahwa mereka harus siaga terhadap kemungkinan apapun.

Di pangkalan angkatan laut AS di Yokosuka, Teluk Tokyo, Wapres Amerika Serikat itu juga mengatakan, AS akan selalu mengusahakan perdamaian namun di bawah Presiden Trump, “tameng telah diusung dan pedang siap ditebaskan.”

Dalam kesempatan yang sama, Pence juga mengatakan AS menghormati aliasinya dengan negara-negara di Relung Pasifik, dan berjanji melindungi kebebasan navigasi di Laut Cina Selatan. Sebagian besar wilayah perairan yang penting bagi lalu lintas perdagangan internasional itu menjadi wilayah sengketa karena diklaim China dan sejumlah negara tetangganya. [ab/as]

XS
SM
MD
LG