Tautan-tautan Akses

Remaja Pramuka di AS Bantu Ratusan Siswa SMA Belajar Daring


Sebuah foto menunjukkan detail close-up seragam Pramuka yang dikenakan oleh seorang pramuka saat konferensi pers di markas besar Pramuka Amerika di Irving, Texas, 4 Februari 2013, sebagai ilustrasi. (Foto: AP)
Sebuah foto menunjukkan detail close-up seragam Pramuka yang dikenakan oleh seorang pramuka saat konferensi pers di markas besar Pramuka Amerika di Irving, Texas, 4 Februari 2013, sebagai ilustrasi. (Foto: AP)

Seorang remaja di Boy Scouts of America, organisasi kepanduan Amerika, mematuhi moto organisasi itu berupa "siap” melampaui apa yang dituntut dari dirinya, dan membantu ratusan siswa SMA belajar online.  

Manan Shah adalah seorang siswa SMA kelas 3 dan anggota Boy Scout dari New Jersey. Dia menyaksikan banyak siswa kesulitan mengikuti kelas-kelas online selama pandemi Covid-19 berlangsung, dan berusaha menciptakan sebuah sistem untuk membantu mereka.

“Kami menyadari bahwa ada sesuatu yang kurang tanpa kehadiran seorang guru,” demikian dijelaskan Shah kepada VOA. “Kami menyimpulkan, inilah cara kami menyumbang kepada masyarakat dengan mengorganisir sejumlah relawan untuk membantu siswa-siswa lain.”

Bersama seorang perintis lainnya, Linda Liu, usia 16 tahun, juga siswa kelas 3 SMA, mereka membentuk Limitless Minds Inc., sebuah layanan bimbingan nirlaba yang menawarkan bimbingan gratis.

“Tim relawan SMA kami menawarkan bimbingan virtual pribadi untuk siswa dari taman kanak-kanak sampai kelas 8 dalam rangka mempermudah peralihan mereka ke pendidikan online,” demikian pernyataan misi organisasi nirlaba ini.

Pramuka memberi hormat kepada bendera saat upacara di Pemakaman Nasional Los Angeles di Los Angeles pada 26 Mei 2018 sebagai ilustrasi. (Foto: AP)
Pramuka memberi hormat kepada bendera saat upacara di Pemakaman Nasional Los Angeles di Los Angeles pada 26 Mei 2018 sebagai ilustrasi. (Foto: AP)

Shah sudah menjadi Boy Scout selama sepuluh tahun. Dia memimpin lebih dari 100 Pramuka dan berperan sebagai pemimpin patroli senior. Boy Scouts of America atau BSA menyediakan pelatihan pengembangan karakter dan kepemimpinan kepada 2,2 juta remaja sampai usia 21 tahun. Mereka memiliki sekitar 800 ribu relawan di AS.

“Saya sudah melakukan banyak pelayanan untuk masyarakat dan juga punya pengalaman memimpin. Saya pernah jadi relawan di unit pelestarian, dimana saya mendapat pengalaman kepemimpinan,” kata Shah tentang pengalamannya semasa di Boy Scouts.

Shah juga berkinerja tinggi di kelas-kelas advanced placement dan honors, serta juara dalam kompetisi matematika nasional, dan mendapat nilai hampir sempurna dalam SAT.

Rekannya Linda Liu mengatakan, pengalamannya sebagai penari juga membantunya membentuk lembaga nirlaba ini.

“Saya sudah menari lebih dari 10 tahun,” katanya kepada VOA. “Itu membina rasa tanggung jawab, dan banyak melibatkan kepemimpinan, serta kerja sama dalam tim.”

Memberi bimbingan gratis adalah misi yang diemban Limitless Minds. Para siswa diberi bimbingan setengah sampai dua jam per sesi. Untuk keselamatan dan keamanan, Limitless Minds mensyaratkan para siswa didampingi orang tuanya selama sesi bimbingan berlangsung.

Para pembimbing ini tidak dibayar, tetapi mereka mendapat kredit jam relawan untuk berbagai kelompok.

Tetapi, mengorganisir usaha ini tidak mudah. "Mengusahakan komunikasi dengan semua pihak sulit. Butuh waktu yang banyak, tetapi pada akhirnya, ini sesuatu yang berguna," kata Shah.

Shah dan Liu didukung oleh keluarga, guru, pejabat sekolah dan seluruh masyarakat.

VOA Weekend, 23 Agustus 2020 (3): Sekitar Kampus
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:10:00 0:00

“Kami menerima umpan balik positif dari kepala sekolah, orang tua, dan kami juga menyediakan formulir penilaian dimana para orang tua dapat memberi umpan balik setelah sesi berakhir,” kata Shah.

Menurut Linda Liu, mereka ingin membantu sebanyak mungkin orang dan membuka cabang-cabang, lebih banyak pembimbing, serta memperluas kegiatan Limitless Minds.

Meskipun Shan dan Liu akan diwisuda musim semi mendatang, dan merencanakan masuk universitas pada musim gugur 2021, eksistensi Limitless Minds akan terus berlangsung. [jm/ii]

XS
SM
MD
LG