Tautan-tautan Akses

Ratusan Polisi Dukung TNI Amankan Kunjungan Obama di Jakarta 


Petugas kepolisian berbaris dalam sebuah demonstrasi menjelang kunjungan mantan Presiden A. Obama di Yogyakarta, Indonesia, Rabu, 28 Juni 2017. (Foto: dok).

Wakil Kepala Polda Metro Jaya Brigjen Suntana mengatakan, Polda menyiapkan 932 personil yang siaga mengawal selama kunjungan Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Jakarta dan Bogor.

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama beserta keluarga saat ini tengah berada di Indonesia. Selain berlibur di Bali dan Yogyakarta, Obama dan keluarga juga memiliki sejumlah agenda di Jakarta.

Wakil Kepala Polda Metro Jaya Brigjen Suntana, usai memimpin apel kesiapan pasukan di halaman kompleks Polda Metro Jaya, Kamis (20/6) menjelaskan Polda menyiapkan 932 personil yang siaga mengawal selama kunjungan Obama di Jakarta dan Bogor.

"Polda Metro Jaya telah melakukan langkah-langkah pengecekan ke beberapa wilayah yang akan dijadikan kunjungan Obama. Termasuk jalur yang akan digunakan. Dari hotel yang akan digunakan, menuju Istana Bogor, lalu kembali ke Jakarta dan kota kasablanka mall," kata Brigjen Suntana.

Kepolisian lanjut Suntana, mendukung pengamanan yang dilakukan. Menurut Suntana, hal ini biasa dilakukan untuk standard pengamanan setingkat kepala negara.

"Kita akan bersama teman-teman TNI karena ini masuk operasi waskita (sistim keamanan tingkat tinggi yang menjadi tanggung jawab TNI berupa pengamanan setingkat kepala negara). Jadi kita mem-back up teman-teman TNI di ring 2 dan ring 3," lanjutnya.

Dalam pengamanan ini, Polda Metro lanjut Suntana, juga melibatkan tim gegana untuk mencegah terjadinya aksi terorisme saat kedatangan Obama beserta rombongan. Ia mengimbau agar petugas juga waspada dan mengenakan pakaian pelindung.

"Kita menjaga sedemikian rupa anggota ditempatkan. Agar dalam kegiatannya berjalan dengan aman dan lancar. Tidak ada gangguan apapun," imbuh Brigjen Suntana.

Obama Temui Presiden Joko Widodo di Istana Bogor

Setelah kunjungan di Bali dan Yogyakarta, mantan Presiden Amerika Barack Obama, dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (30/6) sore. Obama dijadwalkan berangkat dari Jakarta dan tiba di Istana Bogor sekitar jam 16.00 WIB.

Berdasarkan keterangan dari Sekretariat Negara, kunjungan mantan Presiden Barack Obama dalam rangka menerima jamuan makan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor. Kurang lebih satu jam, Obama akan beraktivitas di Bogor bersama Presiden Jokowi, termasuk mengunjungi Kebun Raya Bogor.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suntana menjelaskan, Obama akan berada di Jakarta selama tiga hari, hingga tanggal 2 Juli 2017. Obama pada Sabtu (1/7) akan berpidato dalam acara Kongres Diaspora Indonesia ke-4. Obama dihadapan sekitar 3.500 peserta Kongres Diaspora ini dikabarkan.akan berpidato diantaranya mengenai globalisasi dan pluralisme.

Sebelumnya Obama berlibur di Bali dari tanggal 23-28 Juni 2017. Selama di Bali, Obama menikmati berbagai aktivitas. Mulai dari rafting di Sungai Ayung, berkunjung ke Agung Rai Museum of Arts, Pura Tirta Empul dan Pura Gunung Kawih di Tampaksiring Gianyar. Serta menikmati indahnya persawahan terasering Jatiluwih yang terletak di Kabupaten Tabanan.

Di Yogyakarta, Obama berkunjung ke candi termegah di Indonesia, Candi Borobudur di Magelang pada Rabu (28/6) siang. Rombongan mantan Presiden Amerika Serikat ke 44 itu juga mengunjungi Candi Prambanan yang terletak di perbatasan Klaten Jateng-Yogyakarta, Kamis (29/6). [aw/em]

XS
SM
MD
LG