Tautan-tautan Akses

Obama dan Keluarga Berwisata di Yogyakarta Hingga Jumat

  • Munarsih Sahana

Mantan Presiden AS Barack Obama saat berkunjung ke Candi Prambanan di Yogyakarta, Kamis, 29 Juni 2017. (AP Photo)

Setelah melewatkan liburan di pulau Bali, mantan Presiden Barack Obama dan keluarganya hari Rabu (28/6) siang tiba di Yogyakarta untuk berlibur selama tiga hari hingga Jumat (30/6).

Sejak dilakukan kapat koordinasi pengamanan Selasa (27/6) terkait kunjungan Obama dan keluarganya di Yogyakarta, Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Fajar Setiawan menegaskan bahwa kunjungan mantan presiden Barack Obama adalah untuk liburan dan tertutup bagi media.

Rabu siang (28/6), sekitar pk 12.30 WIB sejumlah mobil yang membawa rombongan Barack Obama tampak keluar dari Pangkalan Lanud Adisucipto Yogyakarta setelah mendarat di Base Ops Lanud Adisucipto.

Obama bersama Michele Obama tampak berada di mobil Land Cruiser warna hitam dengan nomor polisi CD 12 69. Pengamanan yang ketat membuat para wartawan tidak mendapatkan akses untuk memasuki komplek bandara Adisucipto.

Setibanya di Yogyakarta Obama dan rombongan langsung menuju penginapan di hotel Tentrem di Jalan AM Sangaji Yogyakarta. Informasi yang dihimpun VOA menyebutkan, Obama tinggal di Presidential Suite dengan tarif Rp30 juta per malam.

Selain fasilitas tempat tidur, kamar seluas 273 meter persegi itu, juga dilengkapi ruang makan, meja kerja, jacuzzi pribadi, dan balkon besar dengan posisi menghadap Gunung Merapi.

Warga sekitar tampak berderet di pinggir jalan sekitar hotel Tentrem untuk melihat mantan presiden Amerika Serikat itu.

Rabu sore sekitar pukul 17.00 WIB Obama dan keluarga mengunjungi Candi Borobudur, candi Budha terbesar di Asia Tenggara. Sekitar 2 kilometer dari candi jalan sudah ditutup untuk umum, mengakibatkan kemacetan di wilayah sekitarnya karena banyak wisatawan lokal juga ingin mengunjungi Borobudur.

Sejumlah warga sekitar Borobudur mengaku mengetahui kalau Obama akan mengunjungi candi kebanggan mereka itu, dan banyak orang ingin melihatnya. Sriwiyadi, warga Borobudur bahkan mengaku bangga Obama ke Borobudur.

“Kami tahu kalau Obama ke Candi Borobudur. Makanya jalannya macet, yang jurusan dari Salaman, selatan Borobudur, dilewatkan di Ringin Putih, lewat jalur kanan. Kalau dari Yogya biasa, lewat sini bisa atau lewat sana bisa. Kami senang, bangga Obama ke sini. Makanya repot-repot karena ini hari Raya Idul Fitri dan ini jalur alternatif,” kata Sriwiyadi, warga Borobudur.

Kamis pagi, Obama dan keluarga dijadwalkan mengunjungi candi Prambanan yang ada di ujung timur Yogyakarta yang berbatasan dengan kabupaten Klaten Jawa Tengah.

Pimpinan Manajemen Candi Prambanan sudah menyiapkan tiga arkeolog senior yang akan memandu Obama ketika mengelilingi komplek candi Prambanan.

Disebutkan, seluruh komplek inti Candi Prambanan dalam kondisi siap atau bisa diakses penuh oleh pengunjung. Baik candi induk seperti Siwa, Brahma, dan Wisnu, maupun candi wahana (depan candi induk) yang melambangkan kendaraan para dewa seperti Candi Nandi, Angsa, dan Garuda.

Kemungkinan Obama tidak jadi mengunjungi puncak Becici di wilayah pegunungan di kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul.

Para wartawan berspekulasi, Obama akan bernostalgia dengan mengunjungi rumah yang pernah ia tinggali jika berlibur di Yogyakarta ketika kecil yaitu rumah yang kini dijadikan Museum UGM yang beralamat di D-7 Bulaksumur.

Pihak Humas UGM mengatakan tidak ada informasi tentang kemungkinan Obama mengunjungi tempat tersebut. [ms/em]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG