Tautan-tautan Akses

“Ratu Jeans” Gloria Vanderbilt Meninggal


Anderson Cooper dan Gloria Vanderbilt menghadiri penayangan perdana "Nothing Left Unsaid" di Time Warner Center, New York, 4 April 2016. (Foto: Invision via AP)

Gloria Vanderbilt, yang dikenal sebagai artis dan “ratu jeans” Amerika, Senin (17/6), meninggal dalam usia 95 tahun.

Berita duka cita itu disampaikan langsung oleh putranya, pembawa acara terkenal CNN, Anderson Cooper. Obituarinya juga ditayangkan di stasiun televisi itu.

Ia pernah menjadi pusat perseteruan hak asuh yang sengit pada tahun 1930an dan menjadi perancang jeans pada 1970 dan 1980an.

Vanderbilt adalah cicit buyut pemodal dan taipan Cornelius Vanderbilt, salah satu laki-laki terkaya dalam sejarah Amerika. Sepanjang hidupnya Gloria Vanderbilt kerap menjadi berita utama media, mulai dari perebutan hak asuh dirinya diantara nenek dan bibinya, hingga pasang surut empat perkawinan – termasuk dengan konduktor Leopold Stokowski yang memberinya dua anak – dan tiga perceraian.

Perkawinan keempatnya dengan penulis, Wyatt Cooper, yang memberinya dua anak, juga diwarnai tragedi. Cooper meninggal pada usia 50 tahun dan pada 1988, putra sulung mereka Carter Cooper bunuh diri dengan melompat dari balkon apartemen ketika sedang bicara dengan ibunya.

Media kerap menjulukinya sebagai “the poor little rich girl.”

Dalam sebuah pesta pada 2010 yang dihadirinya bersama putranya Anderson Cooper, Gloria Vanderbilt mengatakan bahwa anak-anaknya adalah pencapaian terbesarnya. [em]

XS
SM
MD
LG