Tautan-tautan Akses

Artis dan Sutradara Penny Marshall Meninggal Dunia


Artis dan sutradara Penny Marshall saat menghadiri Edisi Khusus HUT ke-40 acara Saturday Night Live (SNL) di New York, 15 Februari 2015. (Foto: dok).

Artis dan sutradara berpengaruh di Hollywood Penny Marshall meninggal dunia pada usia 75 tahun.

Marshall meninggal dunia akibat komplikasi diabetes di kediamannya di Hollywood Hills, California, Amerika Serikat, Senin (17/12).

Bintang serial televisi Laverne and Shirley yang kemudian menjadi salah satu sutradara perempuan tersukses di Hollywood lewat film "Big, A League of Their Own" dan sejumlah film lainnya itu meninggal karena komplikasi diabetes.

Keluarga Marshall merilis pernyataan yang menyatakan mereka sangat berduka dengan kematian sutradara itu.

Mereka menggambarkan Marshall sebagai seorang perempuan tomboi yang gemar berolahraga, bermain teka-teki, meminum susu dicampur Pepsi, dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Lahir di New York, Marshall adalah putri produser Tony Marshall.Ia merupakan saudara perempuan sutradara Pretty Woman, Garry Marshall, yang meninggal dunia pada 2016.

Marshall mulai terkenal saat berperan sebagai Laverne DeFazio dalam serial televisi Laverne and Shirley (1876-1983). Lewat serial itu, dia memenangkan tiga penghargaan Golden Globe.

Marshall melakukan debutnya sebagai sutradara lewat film Jumpin' Jack Flash pada 1986. Namun, dia dikenal setelah menyutradarai Tom Hanks di film Big (1988). Film itu menjadi film pertama dengan sutradara perempuan yang menembus pendapatan sebesar 100 juta dolar di Amerika Serikat. [ab]

XS
SM
MD
LG