Tautan-tautan Akses

Rambut George Washington, Sweater JFK, Dilelang di Hari Presiden AS


Tanda tangan George Washington (kanan bawah) dalam surat kepada keponakannya bertanggal 1787, yang yang dilelang pada 1 Desember 2009, sebagai ilustrasi. (Foto: REUTERS/Finbarr O 'Reilly)

Peringatan Hari Presiden di Amerika Serikat (AS) hampir tiba, dan kini saatnya untuk memiliki sepotong sejarah Gedung Putih yang unik.

Terdapat hampir 300 artefak kepresidenan AS yang akan dilelang pada hari periangatan tersebut, di antaranya gembok rambut George dan Martha Washington, perintah hari berkabung nasional oleh Andrew Johnson setelah pembunuhan Abraham Lincoln, dan pena yang digunakan Warren Harding untuk mengakhiri keterlibatan AS dalam Perang Dunia I.

Jaket dan rompi polikrom George Washington sebagai ilustrasi. (Foto: Reuters)
Jaket dan rompi polikrom George Washington sebagai ilustrasi. (Foto: Reuters)

Rumah lelang RR yang berbasis di Boston, sebagaimana dilansir dari Associated Press, mengatakan bahwa penawaran secara daring akan dimulai pada Kamis (11/2) hingga 18 Februari. Barang lain yang akan dilelang termasuk sweater Harvard berwarna merah tua milik John F. Kennedy dan foto Lincoln dan putranya, Tad, yang ditandatangani oleh presiden ke-16.

Ada juga banyak dokumen pribadi yang ditandatangani oleh John Quincy Adams, James Monroe, James Madison, Andrew Jackson, Martin Van Buren, Zachary Taylor, Millard Fillmore, James Buchanan, Ulysses S. Grant, James Garfield, dan presiden lainnya.

Juru bicara rumah lelang RR, Mike Graff, mengatakan koleksi tersebut untuk "menghormati komandan tertinggi Amerika.”

“Dari pendirian bangsa hingga zaman modern, inilah para pemimpin yang telah memandu Amerika Serikat melewati masa perang dan perdamaian,” katanya.

Potongan rambut Washington diwariskan kepada dari keluarga cucu keponakan perempuan mereka. Tahun lalu, rumah lelang RR menjual seikat rambut Lincoln yang dibungkus dengan telegram berlumuran darah pada tahun 1865 kepada pembeli tak dikenal seharga $81 ribu.

Sementara perintah Johnson untuk memperingati hari berkabung untuk menghormati Lincoln tertanggal 31 Mei 1865, berbunyi: “Besok tanggal 1 Juni adalah hari yang ditetapkan sebagai Penghinaan Khusus dan Doa sebagai akibat atas pembunuhan Abraham Lincoln mendiang Presiden Amerika Serikat, Eksekutif Kantor dan Berbagai Departemen akan ditutup pada hari itu.”

Harding menggunakan pena pada tanggal 2 Juli 1921, untuk mengadopsi apa yang kemudian dikenal sebagai Resolusi Knox-Porter, tindakan bersama Kongres yang dirancang oleh dua anggota Partai Republik, Senator Philander Knox dan Wakil Stephen Porter, untuk menghentikan peran AS dalam Perang Dunia I.

Sweater Harvard JFK dibelii oleh Herman Lang, juru kamera CBS yang merekam wawancara dengan Jacqueline Kennedy pada tahun 1964, setahun setelah pembunuhan presiden ke-35 di Dallas. [na/ah]

XS
SM
MD
LG