Tautan-tautan Akses

Berlian Merah Muda Terjual Rp 408 Miliar di Sotheby Jenewa 


Berlian "The Spirit of the Rose", berlian ungu-merah muda terbesar di dunia terjual seharga $26.6 juta atau setara Rp 408 miliar lebih, di Jenewa, 11 November 2020.

Sotheby's mengatakan, Rabu (11/11), berlian ungu-merah muda yang sangat langka yang ditambang di Rusia, terjual lebih dari $29 juta atau setara Rp 408 miliar. Rumah lelang itu menggambarkan berlian itu sebagai "keajaiban alam yang sesungguhnya."

Sotheby's memperkirakan, permata oval tanpa cacat yang disebut "The Spirit of the Rose," itu bisa terjual mulai dari $23 juta hingga $38 juta dalam lelang di Jenewa.

Penawaran dibuka pada harga $17,5 juta dan terus naik sampai akhirnya $23 juta, ditambah komisi. Sotheby mengatakan permata itu dibeli oleh penawar melalui telepon yang tidak mau namanya disebut.

Pakar perhiasan Benoit Repellin, yang memimpin lelang, mengatakan permata itu mencatat rekor untuk berlian bergradasi ungu-merah muda cerah yang terjual dalam lelang. Berlian itu memiliki berat 14,83 karat dan merupakan permata merah muda terbesar dengan gradasi warna tersebut dalam kelompoknya.

Menurut Sotheby's Ditambang oleh produsen berlian Rusia, Alrosa, pada Juli 2017, berlian itu dipotong dari kristal merah muda terbesar yang pernah ditemukan di negara itu. Berlian itu dipamerkan di Hong Kong, Singapura, dan Taipei.

Batu berwarna sangat dihargai sebagai aset oleh orang-orang super kaya dalam beberapa tahun ini, dengan berlian merah muda berkualitas tinggi dengan harga paling tinggi.

"Pembeli yang beruntung ini bisa mendapat untung dari harga berlian merah muda yang melonjak pada tahun-tahun mendatang karena semakin langka," kata Tobias Kormind, direktur pelaksana 77 Diamonds, penjual perhiasan berlian online terbesar di Eropa, dalam pernyataan.[ka/pp]

XS
SM
MD
LG