Tautan-tautan Akses

AS

Pusat Badai Isaias Bergerak ke Pedalaman North Carolina


Ombak besar dipicu oleh angin besar saat badai Isaias bergerak mendekati kawasan pantai North Myrtle, South Carolina, 3 Agustus 2020.

Badai Isaias melintasi bagian timur North Carolina dan mengarah ke utara. Menurut Pusat Badai Nasional AS, sejak Isaias mengarah ke daratan, kecepatan angin telah berkurang, tetapi hembusan angin kencang terjadi di kawasan pesisir North Carolina dan Outer Banks yang menyebabkan listrik padam di ribuan rumah dan tempat usaha.

Isaias pada mulanya tiba di daratan di dekat Pantai Ocean Isle, dengan kekuatan angin maksimal yang menyertainya 140 kilometer per jam, tidak lama selewat pukul 11 malam pada hari Senin.

Para peramal cuaca menyatakan South Carolina, North Carolina dan negara bagian-negara bagian lainnya di wilayah sekitarnya dapat diguyur hujan dengan curah 7 hingga 15 centimeter.

Hujan lebat di sepanjang pesisir timur, di dekat jalur Isaias, akan menyebabkan banjir bandang, sebagian mungkin signifikan di North Carolina hingga kawasan pesisir timur AS pada hari Selasa dan Selasa malam.

Banjir di perkotaan yang berpotensi mengancam jiwa kemungkinan terjadi di Washington DC, Baltimore, dan kawasan padat penduduk di sepanjang koridor jalan raya antarnegara bagian I-95 hingga Selasa tengah hari. Peringatan badai tropis berlaku di Virginia hingga Maine.

Presiden Donald Trump menetapkan situasi darurat di North Carolina untuk mempercepat dikeluarkannya dana bagi para pejabat federal untuk membantu kota-kota mengoordinasikan upaya-upaya bantuan.

Trump menetapkan deklarasi serupa pada hari Sabtu untuk Florida, yang terhindar dari dampak penuh badai Isaias. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG