Tautan-tautan Akses

AS

Badai Tropis Isaias Menguat Sebelum Hantam Pantai Negara Bagian Carolina


Pantai di Pulau Hatteras, Carolina Utara tampak lengang menjelang Badai Tropis Isaias, 3 Agustus 2020.

Badai tropis Isaias menguat menjadi Kategori 1 sebelum diperkirakan akan menghantam pantai negara bagian Carolina Selatan dan Utara.

Pusat Badai Nasional Amerika mengeluarkan peringatan badai kuat mulai dari Sungai Santee di Carolina Selatan sampai ke Surf City di negara bagian North Carolina.

Kekuatan angin yang diakibatkan badai itu mencapai 121 km per jam, pada Senin (3/8) malam ketika pusat badai masih berada 100 km di selatan Myrtle Beach, Carolina Selatan.

Namun dampak badai tropis itu diperkirakan akan sampai ke Long Island, New York dan kawasan sungai Merrimack di negara bagian New Hampshire, jauh ke utara.

Curah hujan di kedua negara bagian Carolina dan sekitarnya diperkirakan mencapai antara 7 sampai 15 sentimeter, dan angin ribut itu diperkirakan akan mengakibatkan ombak setinggi satu setengah meter di kawasan Carolina Utara dan Selatan.

Presiden Trump telah menyatakan keadaan darurat di negara bagian Carolina Utara guna mempercepat dikeluarkannya dana bantuan bagi kota dan desa-desa yang mungkin akan terdampak.

Trump sebelumnya juga menyatakan keadaan darurat untuk negara bagian Florida, dimana terdapat tempat peristirahatan dan hotel miliknya. [ii/pp]

XS
SM
MD
LG