Tautan-tautan Akses

AS

Badai Isaias Dekati Pesisir Timur AS, Trump Tetapkan Situasi Darurat di North Carolina


Awan badai terlihat menyelimuti kota saat Badai Isaias mendekati pantai timur Florida di Miami, Florida, 1 Agustus 2020. (Foto dok). Isaias diperkirakan mencapai daratan pada Senin malam (3/8) di perbatasan antara negara bagian North Carolina dan South Carolina.

Para peramal cuaca memperingatkan tentang ancaman hujan lebat dan angin kencang sementara Badai Tropis Isaias bergerak menuju pesisir timur AS. Isaias diperkirakan mencapai daratan pada Senin malam (3/8) di perbatasan antara negara bagian North Carolina dan South Carolina.

Pusat Badai Nasional menyatakan pusat badai Isaias akan tetap berada di atas perairan sewaktu melewati Florida semalam dan negara bagian Georgia pada Senin siang.

Isaias disertai angin berkecepatan maksimum 110 kilometer per jam pada Senin pagi dan diperkirakan akan tetap tergolong badai tropis sewaktu mencapai daratan.

Menurut para peramal cuaca, North Carolina, South Carolina dan negara bagian-negara bagian lain di kawasan itu diperkirakan dapat diguyur hujan dengan curah tujuh hingga 15 centimeter sewaktu Isaias menuju utara dalam beberapa hari mendatang.

Peringatan badai tropis diberlakukan Senin pagi (3/8) di seluruh pesisir timur mulai dari Florida ke arah utara hingga ke Delaware.

Presiden Donald Trump menetapkan situasi darurat di North Carolina menjelang kedatangan badai di sana agar para pejabat federal dapat mengeluarkan dana untuk membantu kota-kota mengoordinasikan upaya-upaya bantuan mengatasi bencana. Trump mengeluarkan deklarasi serupa hari Sabtu bagi Florida. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG