Tautan-tautan Akses

‘Puppet’ Tarik Perhatian Anak-Anak Meksiko untuk Ikut Misa di Gereja


Pendeta Katolik Carlos Cardona berpose dengan bonekanya Monsi, seorang putra altar, di gereja Saint Judas Thaddeus di Huixquilucan, Mexico City, Minggu, 27 Juni 2021. (Foto: AP/Marco Ugarte)

Terkadang tidak mudah membuat anak-anak pergi ke gereja pada hari Minggu. Mereka juga sering tidak dapat terfokus untuk mengikuti jalannya misa. Seorang pastur di Meksiko memiliki cara yang unik untuk menarik perhatian anak-anak untuk mengikuti jalannya misa.

Ketika Romo Carlos Alberto Cardona diangkat menjadi pastur lebih dari dua dekade lalu di San Judas Tadeo Church, Mexico City, Meksiko, ia mendapat perintah khusus dari pastur di gereja tempat ia akan bekerja.

“Ketika saya baru saja menjadi pastur 22 tahun lalu, romo yang bekerja dengan saya mengatakan, ‘Carlos, saya ingin anak-anak hadir mengikuti misa. Lakukan apa yang harus kamu lakukan. Yang saya inginkan adalah anak-anak dapat hadir untuk mengikuti misa.’”

Pendeta Katolik Carlos Cardona menyampaikan homilinya saat Misa, di samping salah satu boneka Santo Yudas Thaddeus, di gereja Santo Yudas Thaddeus di Huixquilucan, Mexico City, Minggu, 27 Juni 2021. (Foto: AP/Marco Ugarte)
Pendeta Katolik Carlos Cardona menyampaikan homilinya saat Misa, di samping salah satu boneka Santo Yudas Thaddeus, di gereja Santo Yudas Thaddeus di Huixquilucan, Mexico City, Minggu, 27 Juni 2021. (Foto: AP/Marco Ugarte)

Misa yang sebelumnya dimulai dengan paduan suara anak-anak dan kehadiran putra altar kemudian berubah dengan kehadiran puppet atau boneka Putra Altar yang bernama Monsi dan karakter lainnya. Boneka-boneka tersebut menarik perhatian umat yang sedang mengikuti misa di gereja maupun mengikuti jalannya misa secara daring.

"Suatu hari, saya berbicara dengan beberapa teman pesulap. Mereka menganjurkan saya untuk mendapatkan sebuah karakter ventriloquist. Jadi saya memutuskan untuk membuat sebuah boneka putra altar. Dan sejak itu Monsi ikut bersama saya ke semua gereja yang saya kunjungi, agar anak-anak menjadi lebih dekat kepada Tuhan. Yang saya perhatikan adalah ketika boneka itu berbicara, anak-anak ikut mendengarkan," ujar Cardona​.

Sebelum pandemi COVID-19 melanda Meksiko, boneka puppet Monsi sudah sering menganjurkan anak-anak untuk bertingkah laku yang baik di rumah. Orang tua-orang tua bahkan meminta Romo Cardona agar Monsi mengirim pesan kepada anak mereka melalui aplikasi Whatsapp agar sang anak membantu melakukan pekerjaan rumah tangga.

Dengan diberlakukannya restriksi pandemi COVID-19 maka pertemuan untuk melakukan misa tidak diperbolehkan. Romo Cardona lalu membuat akun di YouTube agar boneka Monsi tetap dapat menjangkau anak-anak.

Cardona menyadari ketika boneka berbicara, anak-anak mendengarkan dengan seksama dan bahkan menjalin dialog dengan Monsi. [lj/uh]

XS
SM
MD
LG