Tautan-tautan Akses

Pria 53 Tahun Pelaku Penembakan di California


Staf sekolah menyambut murid North Park Elementary School, dengan perasaan lega di Cajon High School, hari Senin 10 April 2017 di San Bernardino, California, setelah penembakan maut yang terjadi di sekolah dasar itu (foto: AP Photo/Ringo H.W. Chiu)

Setelah menewaskan istrinya dan juga seorang murid usia delapan tahun, pelaku yang melepaskan tembakan di sebuah SD di California Selatan akhirnya bunuh diri.

Polisi Amerika mengatakan seorang laki-laki bersenjata melepaskan tembakan di SD California Selatan hari Senin menewaskan istrinya dalam pembunuhan-bunuh diri yang juga menewaskan seorang murid usia delapan tahun.

Polisi mengatakan Cedric Anderson usia 53 tahun masuk ke SD North Park di San Bernardino dan menembak guru pendidikan khusus Karen Elaine Smith, juga usia 53 tahun sebelum menembak dirinya sendiri.

Kepala polisi San Bernardino Jarrod Burguan, mengatakan dua murid yang berdiri di belakang Smith juga terkena tembakan. Keduanya dibawa dengan helikopter ke RS di dekatnya dimana Jonathan Martinez usia 8 tahun tewas akibat luka yang dialaminya. Murid laki-laki lainnya usia 9 tahun yang sebelumnya dalam kondisi kritis oleh polisi kini dikatakan stabil.

Pihak berwenang mengatakan tidak yakin kedua murid menjadi sasaran penembak dan terjebak dalam penembakan itu secara tidak sengaja.

Burguan mengatakan Anderson dan Smith menikah hanya beberapa bulan dan berpisah sekurangnya satu bulan. Ia mengatakan Anderson punya catatan kriminal terkait tuduhan senjata serta KDRT.

Pihak berwenang mengatakan Anderson masuk ke sekolah itu sebagai pengunjung dan menyembunyikan senjatanya, revolver kaliber besar sampai ia mulai melepaskan tembakan di ruang kelas itu.

Ruang kelas itu adalah untuk murid-murid yang membutuhkan perhatian khusus dari kelas satu sampai kelas empat.

Sekolah dengan sekitar 600 murid itu dievakuasi dan murid-murid dibawa dengan bis ke kampus California State University, di dekatnya di San Bernardino. Gambar-gambar televisi menunjukkan siswa berjalan bergandengan tangan di kampus itu dikawal petugas polisi.

San Bernardino berjarak sekitar satu jam berkendaraan dari sebelah timur Los Angeles. Kota itu menjadi lokasi serangan teror tahun 2015 ketika pasangan pengantin baru yang terilhami ISIS menembaki hadirin pada pesta kantor pemerintah kabupaten itu menewaskan 14 orang. [my/al]

XS
SM
MD
LG