Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Trump: Penyidik Khusus Mueller Selayaknya Mengundurkan Diri


Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Gedung Putih, Washington DC, 23 Juni 2017. (AP Photo/Evan Vucci)

Dalam wawancara tatap-muka pertamanya dalam enam pekan, Presiden Donald Trump mengatakan sangatlah menjengkelkan bahwa orang yang memimpin penyelidikan mengenai kemungkinan hubungan antara kampanyenya dan Rusia berteman dengan mantan Direktur FBI James Comey.

Trump mengatakan kepada acara televisi “Fox and Friends” Fox News dalam wawancara yang diudarakan Jumat pagi (23/6) bahwa penyelidik khusus Robert Mueller berteman sangat akrab dengan Comey, hal yang sangat menjengkelkan.”

Presiden juga berpendapat Mueller mungkin harus mengundurkan diri pada satu saat, dan mengatakan “kita harus melihat” tiga kali ketika ditanya apakah Mueller sebaiknya mengundurkan diri dari penyelidikan itu. Trump mengatakan ia prihatin bahwa Mueller telah mempekerjakan para pengacara yang sebelumnya menyumbang kepada Demokrat.

Associated Press melaporkan bahwa Comey dan Mueller tidak diketahui berteman dekat hanya karena pernah sama-sama bekerja di Departemen Kehakiman pada masa pemerintahan George W. Bush. Mantan jaksa federal David Kelley mengatakan Mueller dan Comey belum pernah saling mengunjungi rumah masing-masing dan jarang makan bersama.

Para pakar hukum mengatakan hubungan mereka tidak cukup dekat untuk mengharuskan pengunduran diri Mueller sebagai penyidik khusus. [gp]

XS
SM
MD
LG