Tautan-tautan Akses

AS

Pengacara Trump: Presiden Tidak Sedang Diselidiki, Kontradiktif dengan Pernyataan Trump


Jay Sekulow, salah satu pengacara Presiden Trump mengatakan Trump tidak sedang diselidiki.

Presiden AS Donald Trump tidak sedang diselidiki oleh penyelidik yang menyelidikicampur tangan Rusia dalam pemilu tahun lalu dan kemungkinan Trump menghalang-halangi penyelidikan, kata salah seorang pengacaranya hari Minggu. Hal itu bertolakbelakang dengan cuitan Trump sendiri yang mengakui adanya penyelidikan atas dirinya.

Pengacara Jay Sekulow mengatakan kepada NBC dan CNN dalam beberapa wawancara bahwa Trump “tidak sedang diselidiki oleh penyelidik khusus,” Robert Mueller, meskipun Trump hari Jumat mengatakan bahwa Mueller sedang menyelidikinya.

Mueller, mantan direktur FBI, bulan lalu diangkat untuk melakukan berbagai penyelidikan kriminal mengenai apakah para pembantu kampanye Trump secara ilegal berkolusi dengan para pejabat Rusia untuk membantu Trump menang dan juga apakah Trump menghalang-halangi penyelidikan dalam memecat direktur FBI, James Comey, ketika Comey sedang memimpin penyelidikan terhadap Rusia sebelum penunjukkan Mueller.

Lewat Twitter hari Jumat, Trump mengatakan, “Saya diselidiki karena memecat Direktur FBI oleh orang yang memberitahu saya untuk memecat Direktur FBI itu! Mencari-cari kesalahan.” Wakil Jaksa Agung Rod Rosenstein menunjuk Mueller untuk menjadi penyelidik khusus dalam penyelidikan itu yang memang sedang dilakukan Mueller.

Pengacara Jay Sekulow mengatakan bahwa komentar Trump itu sebenarnya ditujukan untuk menjawab artikel harian Washington Post yang mengutip sumber yang tidak disebut namun akrab dengan penyelidikan yang dilakukan Mueller, yang mengatakan bahwa Mueller sedang menyelidiki apakah Trump menghalang-halangi hukumdalam memecat Comey. [vm/al]

XS
SM
MD
LG