Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Trump akan Undang Ratusan Tamu ke Gedung Putih


Presiden AS Donald Trump kembali ke Gedung Putih setelah dirawat di rumah sakit di Walter Reed Medical Center di Washington. (Foto: Reuters)

Presiden Donald Trump dijadwalkan akan mengundang ratusan tamu di halaman Selatan Gedung Putih pada hari Sabtu (10/10). Seorang pejabat senior pemerintah mengatakan kepada VOA, Trump akan menyampaikan sambutannya pada kesempatan tersebut.

Acara ini akan menjadi acara tatap muka pertama presiden setelah ia dinyatakan positif mengidap virus corona pada pekan lalu. Diagnosa tersebut membuatnya dirawat di rumah sakit dalam beberapa hari dan mendapatkan perawatan medis agresif untuk virus Covid-19.

Seperti yang pertama kali dilaporkan oleh ABC News, pada acara itu Trump akan menyampaikan "pernyataan kepada pengunjuk rasa yang mendukung ketertiban hukum". Trump diperkirakan menyampaikan pidatonya dari salah satu balkon Gedung Putih.

Dokter presiden, Sean Conley, Kamis (8/10) malam, mengatakan, "hasil pemeriksaan fisik Trump tetap stabil dan tanpa gejala apa pun yang menunjukkan perkembangan penyakit." Memo Conley juga mencatat bahwa "Sabtu akan menjadi hari ke-10 sejak diagnosis pada hari Kamis pekan lalu dan berdasarkan diagnosis lanjutan yang dilakukan tim, saya sepenuhnya menyatakan presiden dengan aman bisa kembali terlibat kegiatan dengan publik."

Trump mengakhiri masa rawat inapnya selama empat hari di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed pada hari Senin (5/10) , dan sejak itu para dokternya memberi kabar terbaru mengenai kondisi presiden kepada publik. Para pakar kesehatan masyarakat masih mempertanyakan keputusan mengadakan acara tatap muka dengan publik segera setelah diagnosanya. [ps/ah]

XS
SM
MD
LG