Tautan-tautan Akses

AS

Debat Mendatang akan Berlangsung Virtual, Trump Tolak Ikut Partisipasi


Kombinasi foto Capres AS: Presiden Petahana Donald Trump (kiri) dan Capres dan Mantan Wapres AS dari partai Demokrat, Joe Biden 29 September 2020, dalam Debat Pertama di Case Western University, Cleveland, Ohio. (Foto: AP/Patrick Semansky)

Presiden AS Donald Trump menyatakan tidak akan berpartisipasi dalam debat calon presiden mendatang, setelah diumumkan bahwa acara itu akan berlangsung virtual “untuk melindungi kesehatan dan keselamatan semua yang terlibat.

Komisi Debat Presiden AS Kamis (8/10) mengumumkan rencananya untuk debat mendatang, dengan menyatakan bahwa Trump, yang sedang dirawat karena terjangkit Covid-19, dan penantangnya dari partai Demokrat Joe Biden, akan berpartisipasi dari lokasi terpisah yang berjauhan.

Dalam suatu pernyataan, komisi itu menyebutkan bahwa debat, yang dijadwalkan untuk Kamis pekan depan, akan diselenggarakan sesuai rencana di Adrienne Arsht Performing Arts Center di Miami, Florida. Format debat, para kandidat menerima pertanyaan dari hadirin, akan tetap sama.

Ketika ditanya mengenai pengumuman itu di Fox Business, Trump mengatakan, “Itu tidak dapat saya terima sama sekali. Saya tidak akan melakukan debat virtual.”

Kubu kampanye Biden menyatakan mantan wakil presiden itu akan berpartisipasi.

Trump, Kamis (8/10), menyatakan bahwa ia sedang memulihkan diri dari COVID-19 dan telah mengurung diri di Gedung Putih sejak kembali dari rumah sakit militer Walter Reed pada Senin lalu.

Presiden, melalui akun Twitternya, menyatakan awal pekan ini bahwa ia menunggu-nunggu untuk berpartisipasi dalam debat.

Dalam sebuah pernyataannya tim kampanye Biden mengatakan, “Kami harap Komisi Debat akan menggeser waktu acara Tatap Muka Biden-Trump menjadi 22 Oktober sehingga presiden tidak bisa mengelak dari tanggung jawabnya”.

Tim kampanye Trump membuat pernyataan yang menyetujui bahwa debat seharusnya berlangsung pada 22 Oktober, dan debat ketiga atau yang terakhir pada 29 Oktober. Tim kampanye Biden menolak jadwal debat pada saat hari terakhir kampanye.

Berdasarkan pedoman dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (Centers for Disease Control and Prevention/CDC), seseorang yang positif terjangkit Covid-19 harus diisolasi selama sedikitnya 10 hari. Hasil tes positif Covid-19 Trump diungkapkan pada Jumat pekan lalu. [uh/ab/ps/ft]

XS
SM
MD
LG