Tautan-tautan Akses

AS

Debat Capres AS Ronde Kedua Dibatalkan


Presiden Donald Trump, kiri, dan mantan Wakil Presiden Joe Biden terlihat selama debat calon presiden AS pertama di Case Western University dan Cleveland Clinic, di Cleveland, Ohio, 29 September 2020. (Foto: AP)

Debat presiden kedua antara Presiden Donald Trump dan calon dari Partai Demokrat Joe Biden secara resmi dibatalkan.

Komisi Nonpartisan untuk Debat Presiden, Jumat (9/10) malam, memastikan debat yang semestinya dijadwalkan 15 Oktober itu dibatalkan. Keputusan itu dibuat sehari setelah komisi mengumumkan debat akan berlangsung "secara virtual" karena Trump terjangkit virus corona.

Trump menolak keras format debat dengan virtual, dan Biden telah menjadwalkan acara tatap muka (Town Hall) dengan ABC News malam itu setelah Trump mengatakan dia tidak akan berpartisipasi dalam debat.

Tim kampanye Trump kemudian membalasnya dengan mengadakan debat sesuai jadwal, setelah dokter kepresidenan mengatakan ia diizinkan untuk mengadakan acara dengan publik mulai hari Sabtu.

Namun, komisi debat mengatakan, tidak mengubah keputusannya untuk menampilkan kedua kandidat dengan format tatap muka (nonvirtual), dengan alasan kekhawatiran yang berlebihan terkait masalah kesehatan, terutama untuk berdebat dengan gaya tatap muka yang memberi kesempatan hadirin untuk mengajukan pertanyaan.

Debat ketiga yang dijadwalkan pada tanggal 22 Oktober di Nashville, Tennessee, tidak berubah. [ps/pp]

Lihat komentar (2)

XS
SM
MD
LG