Tautan-tautan Akses

Polri-TNI Pastikan Misa Malam Natal Berlangsung Aman


Polisi brigade mobil disiagakan untuk melakukan pengamanan menjelang Natal dan Tahun Baru di Jakarta dan berbagai kota di Indonesia (Foto: Reuters).

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memastikan ibadah misa malam Natal berlangsung aman di seluruh wilayah Indonesia.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengunjungi sejumlah gereja pada malam Natal Minggu (24/12). Kepada wartawan di di Gereja Katedral Jakarta, Tito Karnavian memastikan ibadah misa malam Natal berlangsung aman di seluruh wilayah Indonesia.

"Pada malam ini, saya bersama Mendagri dan Panglima TNI, keliling ke tiga gereja di Jakarta. Ini sebagai pesan simbolik, kami meyakinkan kegiatan ibadah di malam Natal ini aman dan lancar. Sampai kini belum ada informasi insiden-insiden yang berarti. Berlangsung aman. Ini akan kita terus pertahankan, dan akan kita evaluasi terus menerus. Agar ibadah Natal sampai dengan tanggal 2 Januari 2018 kita akan amankan terus. Semua wilayah kita monitoring dan evaluasi serta kita amankan ketat," ungkap Tito.

Meskipun sampai saat ini belum ada informasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat lanjut Tito, namun aparat Polri dan TNI tak mengurangi pengamanan. Upaya pengamanan menurut Tito dilakukan sesuai prosdur. Tito Karnavian mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung pelaksanaan ibadah Natal berjalan lancar dan aman.

"Untuk itu juga kita mengucapkan terimakasih kepada semua pihak. Kepada Panglima TNI. Jajaran Pemerintah baik pusat maupun daerah. Unsur masyarakat Indonesia sehingga situasi di Indonesia berjalan aman dan lancar," tandasnya.

Tito juga mengajak semua pihak mempertahankan keamanan sampak waktu ke depan. Ia berharap melalui pengamanan bersama ibadah Natal, membuktikan bangsa Indonesia adalah bangsa yang toleran.

"Kegiatan-kegiataan ini kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa toleran. Bangsa yang ber bhineka. Bangsa yang berprinsip pada Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Kita beragam," tambah Tito.

Lebih lanjut Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian atas nama jajaran kepolisian Indonesia mengucapkan selamat Natal kepada masyarakat Indonesia yang merayakan.

Pemerintah Jamin Hak Beribadah Umat Beragama di Indonesia

Di hadapan ratusan jemaaat Gereja Katedral Jakarta, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam kesempatan yang sama menyampaikan ucapan selamat Natal dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Tjahjo Kumolo juga memastikan pengamanan ibadah Natal dari Pemerintah.

"Kami menyampaikan salam hormat dari bapak Presiden Jokowi dan bapak Jusuf Kalla. Beliau menyampaikan selamat Natal. Pemerintah dalam hal ini bapak Kapolri dan jajarannya sampai Kapolsek, kemudian bapak Panglima TNI dan jajarannya sampai tingkat koramil punya tugas untuk mengamankan ibadah malam Natal ini," kata Tjahjo.

Ornamen Natal di Gereja Katedral Jakarta Minggu 24 Desember 2017. (Foto: ilustrasi - Andylala/VOA)
Ornamen Natal di Gereja Katedral Jakarta Minggu 24 Desember 2017. (Foto: ilustrasi - Andylala/VOA)

Lebih lanjut Tjahjo Kumolo menegaskan komitmen Pemerintah Indonesia untuk menjaga dan memenuhi hak umat beragama di Indonesia untuk beribadah.

"Pemerintah memastikan bahwa setiap umat beragama agama apapun yang berada di Republik Indonesia mempunyai hak untuk beribadah sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing," imbuhnya.

Dalam rangka perayaan Natal dan Tahun Baru 2018, Polri melakukan operasi "Lilin Candi 2018" yang diberlakukan mulai 22 Desember 2017 hingga 2 Januari 2018. Pada pengamanan Operasi Lilin Candi 2017 itu, Polri akan melibatkan beberapa unsur, seperti pemerintah provinsi, pemerintah daerah, dan organisasi kemasyarakatan.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengingatkan pada ormas untuk tidak melakukan sweeping atau upaya paksa terhadap apapun dan harus melakukan koordinasi dengan Polri. [aw/em]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG