Tautan-tautan Akses

Polisi Tangkap 3 Lagi Tersangka Militan di Jawa Barat


Kapolri Jenderal Tito Karnavian (VOA/Fathiyah Wardah)

Kepolisian Indonesia mengatakan mereka telah menangkap beberapa lagi tersangka militan hari Senin (29/5) setelah pemboman bunuh diri di Jakarta pekan lalu yang menewaskan tiga orang polisi.

Juru bicara polisi Djarod Padakova mengatakan seorang pria yang bernama Wahyudi ditangkap Senin pagi di daerah Sukoharjo, Jawa Barat, dan seorang lagi ditangkap beberapa jam kemudian di daerah tetangganya Karanganyar.

Juru bicara POLRI Setyo Wasisto mengatakan tersangka yang ketiga ditahan sehari sebelumnya di Cibubur dekat Jakarta.

Pihak berwenang Indonesia sekarang telah menangkap enam tersangka sejak serangan tanggal 24 Mei dimana dua orang pembom bunuh diri menyerang polisi di terminal bus Jakarta Timur.

Tiga orang polisi dan dua orang penyerang tewas dan 11 orang, polisi dan sipil, luka-luka.

Wasisto mengatakan pihak berwenang masih menyelidiki ketiga pria yang baru ditangkap tadi, tetapi tersangka yang ditangkap hari Minggu diyakini orang yang terakhir bertemu dengan salah seorang pembom bunuh diri, Ahmad Sukri, hanya beberapa jam sebelum serangan tersebut.

Kapolri, Jenderal Tito Karnavian mengatakan pemeriksaan DNA mengukuhkan bahwa pembom bunuh diri itu adalah Sukri, 32 tahun, dan Ichwan Nurul Salam, 31 tahun, keduanya dari Jawa Barat.

Karnavian mengatakan mereka adalah anggota Jemaah Anshorut Daulah, jaringan kira-kira 24 kelompok ekstremis Indonesia yang dibentuk tahun 2015 dan menjanjikan kesetiaan kepada pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi. [gp]

XS
SM
MD
LG