Tautan-tautan Akses

Pidato Trump Dapat Reaksi Beragam dari Pemimpin Dunia


Pemerintah China menyatakan kecewa dengan pidato Presiden AS Donald Trump yang mempersoalkan pindahnya puluhan ribu pabrik dari Amerika ke China, Selasa (28/2).

Pidato luas Presiden Amerika Donald Trump hari Selasa (28/2) malam di hadapan sidang paripurna Kongres menggambarkan masa depan cerah bagi Amerika, namun mendapat reaksi berbeda-beda dari para pemimpin dunia.

Jepang menyambut baik rencana Trump untuk secara signifikan meningkatkan anggaran pertahanan sementara negara kepulauan itu terus menghadapi ancaman nuklir dari Korea Utara dan meningkatnya sikap bermusuhan China di Samudera Pasifik.

Ketua kabinet Jepang, Yoshihide Suga, hari Rabu (1/3) mengatakan negara itu akan menunggu dan melihat berapa besar sebenarnya Trump meningkatkan anggaran pertahanan, meskipun seberapapun besarnya peningkatan anggaran pertahanan akan membantu menciptakan kestabilan dunia.

Awal minggu ini Trump mengatakan ingin meningkatkan anggaran militer sampai 54 miliar dolar AS dan menggalang dana itu dengan memangkas program-program non militer. Janji meningkatkan anggaran dianggap menunjukkan komitmen oleh pejabat Jepang yang sebelumnya prihatin Trump akan berpaling dari aliansi dengan negara-negara sekutu Amerika.

China menyatakan kecewa dengan pidato Trump dan Beijing mempersoalkan kecaman Trump dalam pidatonya bahwa kesepakatan dagang yang hanya menguntungkan satu pihak menyebabkan perusahaan-perusahaan Amerika memindahkan puluhan ribu pabrik dari Amerika ke China. [my/ds]

XS
SM
MD
LG