Tautan-tautan Akses

PGN Alirkan Gas Bumi ke Kawasan Industri JIIPE di Gresik


Petugas PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. (PGN) sedang melakukan pengecekan final sesaat sebelum pengaliran gas di Kawasan Industri JIIPE di Gresik, Jawa Timur, Selasa, 6 Maret 2018. (Foto: Humas PGN)

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) menyalurkan gas bumi perdana ke Kawasan Industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur, pada Selasa (6/3), menurut siaran pers yang diterima VOA, Kamis (8/3).

Gas bumi dari PGN diterima oleh PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera selaku pengelola kawasan.

Pada tahap awal, suplai gas akan digunakan untuk mengoperasikan pembangkit listrik dan menyuplai industri kimia yang sudah beroperasi, yakni PT Clariant Indonesia, kata Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama.

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk memulai penyaluran gas bumi perdana ke Kawasan Industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur sejak Selasa, 6 Maret 2018. (Foto: Humas PGN)
PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk memulai penyaluran gas bumi perdana ke Kawasan Industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur sejak Selasa, 6 Maret 2018. (Foto: Humas PGN)

“Selanjutnya konsumsi akan meningkat karena setiap ada penambahan industri baru, maka pemakaian gas akan bertambah,” kata Rachmat.

PGN optimis konsumsi gas akan bertambah seiring dengan makin banyaknya industri baru yang masuk dan beroperasi di masuknya kawasan industri terintegrasi yang dibangun oleh PT Pelindo III, PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI), dan PT AKR Corporindo.

Rencananya, Presiden Joko Widodo akan meresmikan beroperasinya kawasan industri JIIPE besok, Jumat, 9 Maret 2018.

Penyaluran gas bumi ke kawasan industri adalah strategi PGN meningkatkan pemanfaatan gas bumi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Saat ini, total pelanggan gas bumi PGN untuk industri di area Surabaya-Gresik mencapai 169 pelanggan dan pelanggan komersial mencapai 183 pelanggan. Sementara untuk pelanggan Rumah Tangga (RT) mencapai sekitar 41.815 pelanggan. Secara nasional, pelanggan industri gas bumi PGN hampir mencapai 1.800 industri.

Pemerintah terus berupaya meningkatkan penggunaan gas bumi untuk domestik. Alokasi gas bumi untuk 2018 diperkirakan sebesar 61 persen dari produksi gas nasional, naik dari alokasi 2017 sebesar 60.6 persen pada 2017, menurut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sementara untuk pipa gas, hingga akhir 2017 telah dibangun sepanjang 10.671 kilometer (km) dan akan ditambah menjadi 11.226 km pada tahun 2018. Penambahan di tahun 2017 dilakukan sepanjang 484 km dari ruas Belawan-KIM-KEK, Ruas Payo Selincah, dan Ruas WJB Batam. [ft/au]

XS
SM
MD
LG