Tautan-tautan Akses

AS

Perombakan Jaminan Kesehatan Masih Diragukan


Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell di gedung Capitol, Selasa (11/7).

Nasib upaya partai Republik untuk merombak kebijakan layanan kesehatan AS yang dijalankan Presiden Barack Obama masih belum jelas hari Minggu, karena satu pemungutan suara penting yang dijadwalkan pekan ini telah ditunda.

Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell menunda pemungutan suara prosedural setelah Senator Republik John McCain menjalani operasi hari Sabtu untuk mengangkat gumpalan darah di atas mata kirinya dan mengumumkan akan beristirahat seminggu di rumahnya di negara bagian Arizona untuk pemulihan.

Ketidakhadirannya bisa mengurangi jumlah suara yang diperlukan partai Republik untuk membuka sidang dengar pendapat mengenai rencana mereka untuk mencabut dan mengganti UU yang dikenal sebagai Obamacare itu.

Kubu Republik telah berkampanye selama tujuh tahun untuk mencabut Obamacare, tapi menghadapi tentangan besar. Sebagian anggota Kongres konservatif mengatakan upaya pencabutan itu kurang cukup untuk mengganti kebijakan kesehatan AS, sedangkan yang lainnya mengatakan perubahan yang diusulkan itu akan menyebabkan jutaan orang, banyak di antaranya warga miskin, kehilangan asuransi kesehatan.

Sebuah jajak pendapat baru yang dilakukan harian Washington Post menunjukkan sebagian besar warga AS menolak rencana partai Republik itu, dan lebih memilih Obamacare dengan selisih 50 banding 24 persen. [vm/ii]

XS
SM
MD
LG