Tautan-tautan Akses

Trump: Gedung Putih Tetap “Berfungsi Sempurna”


Presiden Donald Trump melambaikan tangan saat berjalan menuju Marine One dan bertolak dari Gedung Putih, hari Rabu 12 Juli 2017 menuju Paris untuk menghadiri Bastille Day (foto: AP Photo/Alex Brandon)

Presiden Trump mengatakan, Gedung Putih tetap ‘berfungsi sempurna’ menantang laporan bahwa pemerintahannya kacau akibat pengungkapan putra sulungnya tentang pertemuan tahun lalu dengan yang dikatakan sebagai pengacara hukum pemerintah Russia yang memberi informasi tentang keburukan Hillary Clinton, calon presiden Partai Demokrat lawan Trump.

Laporan berita menggambarkan Trump, yang hari Selasa jadwalnya ringan, sebagai marah besar sewaktu melihat siaran televisi melaporkan tentang rantai email putranya Donald Trump Jr dengan seorang perantara bagi pengacara tadi dalam menetapkan pertemuan bulan Juni 2016 di Trump Tower di New York.

Tetapi Trump mengatakan, pemerintahannya fokus pada menata-ulang sistem layanan kesehatan, pengurangan serta reformasi pajak, dan banyak soal lain. Ia katanya tidak punya banyak waktu untuk melihat televisi.

Dalam komentar lewat Twitter ia mengeluh tanpa penjelasan “mengapa standar serupa tidak dikenakan pada pihak Demokat. Lihat bagaimana Hillary Clinton bisa lolos. Memalukan.”

Trump kemudian membanggakan pencapaiannya dengan mengatakan negara Islam ISIS sudah kocar-kacir dan tidak lama lagi akan disapu bersih dari Suriah dan Iraq; migran yang melintas perbatasan secara gelap sudah jauh berkurang, dan kelompok gang MS 13 sedang disingkirkan.

Sebelumnya ia mengulangi lagi klaimnya bahwa pertanyaan tantang hubungan antara kampanyenya sewaktu masih calon presiden dengan Russia sama dengan “mencari-cari kesalahan yang terbesar dalam sejarah politik.” [ps/al]

XS
SM
MD
LG