Tautan-tautan Akses

Perjalanan Teroris Bisa Berakhir di Gitmo


Bagian luar Camp 6 di pusat penahanan pangkalan Angkatan Laut AS di Guantanamo Bay, di Kuba, 10 Desember 2016. (Foto: dok).
Bagian luar Camp 6 di pusat penahanan pangkalan Angkatan Laut AS di Guantanamo Bay, di Kuba, 10 Desember 2016. (Foto: dok).

Para pejabat pertahanan AS sepertinya bersedia mengirim lebih banyak teroris ke fasilitas penahanan AS di Teluk Guantanamo, Kuba tapi menganggap penjara tersebut sebagai pilihan terakhir, dan diperuntukkan bagi para pejuang garis keras yang tidak bisa diamankan di lokasi lain.

Pentagon hari Rabu mengirim panduan terbaru ke Gedung Putih mengenai peraturan mengenai orang-orang macam apa yang bisa dikirim ke Teluk Guantanamo, meskipun para pejabat memperingatkan bahwa tidak ada pengiriman baru yang dilakukan.

“Pada akhirnya, Gedung Putih akan memutuskan bagaimana kita akan mengambil langkah ke depannya,” kata juru bicara kepala Pentagon Dana White kepada wartawan.

“Kebijakan kami adalah berupaya mendorong negara-negara untuk menerima kembali warga negara mereka,” tambahnya. “Kami akan terus mengupayakannya.”

Baik Gedung Putih ataupun Departemen Pertahanan sejauh ini belum bersedia berkomentar mengenai rincian panduan baru tersebut. [vm/al]

Recommended

XS
SM
MD
LG