Tautan-tautan Akses

AS

Peringatan untuk Florida Barat Laut saat Badai Tropis Fred Mendekat


Badai Tropis Fred saat melewati Santo Domingo, Republik Dominika.

Pusat Badai Nasional AS Senin (16/8) mengatakan Badai Tropis Fred sedikit bertambah kuat saat menuju wilayah barat laut Florida, di mana badai itu diperkirakan akan membawa hujan lebat dan gelombang badai berbahaya.

Dalam perkiraan terbarunya, pusat badai itu mengatakan Fred sekarang berada sekitar 145 kilometer dari kota pesisir Apalachicola. Badai itu memiliki kecepatan angin maksimum sekitar 85 kilometer per jam dan diperkirakan akan menguat sebelum tiba di daratan.

Peringatan badai tropis berlaku untuk wilayah tersebut, dan peramal cuaca mengatakan beberapa daerah bisa mengalami curah hujan setinggi 10 hingga 20 sentimeter, serta gelombang badai.

Fred diperkirakan melemah dan berbelok setelah mendarat dan kemungkinan akan membawa badai dan hujan lebat ke wilayah tenggara dan tengah Amerika bagian timur yang menghadap ke Atlantik pada akhir pekan ini.

Sementara itu, para peramal pusat badai terus mengamati Badai Tropis Besar Grace sementara badai itu membawa hujan lebat ke Republik Dominika, Haiti, Kuba, Jamaika, dan Kepulauan Cayman. Banjir bandang mungkin terjadi di semua wilayah tersebut, dengan potensi tertinggi di Haiti dan Republik Dominika, yang terdiri dari pulau Hispaniola.

Dalam anjuran terbarunya, para peramal cuaca mengatakan besar kemungkinan sistem cuaca hanya akan melacak bagian selatan Hispaniola, menyelamatkan Haiti dari kesulitan yang lebih jauh. Negara itu, Sabtu mengalami gempa kuat hanya beberapa minggu setelah pembunuhan Presiden Jovenel Moïse menyebabkan negara itu dalam krisis politik.

Sistem jalur badai saat ini menunjukkan badai bergerak ke Teluk Meksiko di mana badai diperkirakan perlahan-lahan menguat dalam 24 hingga 48 jam ke depan. [my/lt]

XS
SM
MD
LG