Tautan-tautan Akses

Badai Tropis Curahkan Hujan Lebat di AS dan Karibia


Badai Tropis Fred menghantam Santo Domingo.

Pusat Badai Nasional Amerika (NHC) Senin pagi (16/8) mengatakan bahwa pesawat pengintai mendapati Badai Tropis Fred "telah sedikit melambat," tetapi diperkirakan akan mencurahkan hujan lebat dan gelombang badai berbahaya di negara-negara bagian di pesisir selatan Amerika Senin ini.

Kecepatan Fred mungkin melambat, tetapi para peramal cuaca memperingatkan akan kemungkinan tornado dan gelombang ombak serta badai yang mengancam jiwa.

Peramal cuaca memperingatkan bahwa "satu atau dua tornado" mungkin terjadi Senin pagi (16/8) di atas pantai barat Florida dan negara-negara bagian di sekitarnya, disebut "Florida Panhandle". Tornado itu bergerak Senin pagi (16/8) menjelang siang hingga sore dari Florida Panhandle ke utara, memasuki Georgia barat daya dan Alabama tenggara.

Begitu melanda daratan, Fred diperkirakan melemah, kata NHC.

Sementara itu, peramal cuaca melaporkan, badai tropis Grace terus mencurahkan hujan lebat di Puerto Rico barat. Sedangkan banjir bandang dan tanah longsor mungkin terjadi di seluruh pulau Hispaniola Senin.

Di Hispaniola, waspada badai tropis berlaku untuk seluruh pantai Republik Dominika dan Haiti sementara Grace mendekat. [ka/ab]

XS
SM
MD
LG