Tautan-tautan Akses

AS

Monumen Washington Ditutup Setelah Sambaran Petir Dramatis


Monumen Washington (tengah) di Alun-alun Nasional di Washington, DC ditutup untuk umum setelah disambar petir Minggu pagi (15/8) (foto: dok).

Dinas Taman Nasional AS, US National Park Service (NPS), Senin (16/8) melaporkan Monumen Washington di Alun-alun Nasional di Washington, DC ditutup untuk umum setelah disambar petir Minggu pagi (15/8).

Dari akun Twitter-nya, NPS mengatakan sambaran petir itu terjadi ketika badai kuat bergerak melalui wilayah Washington hari Minggu, tepat setelah tengah malam. Sebuah video yang dipasang kantor itu menunjukkan saat petir menyambar tugu monumen obelisk setinggi 169 meter itu.

NPS mengatakan sambaran petir itu merusak sistem elektronik monumen itu dan penutupan diperlukan untuk memungkinkan kru melakukan perbaikan.

Monumen peringatan bagi presiden pertama Amerika, George Washington itu, selesai dibangun dan dibuka untuk umum pada tahun 1884. Pada saat itu, monumen tersebut menjadi bangunan tertinggi di dunia. Pembatasan mengenai ketinggian bangunan di ibu kota AS, menjadikan monumen ini tetap menjadi salah satu bangunan tertinggi di Washington DC. [my/lt]

XS
SM
MD
LG