Tautan-tautan Akses

Badai Fred Melemah menjadi Depresi Tropis di Karibia


Foto satelit ketika badai tropis Fred melewati Puerto Rico dan Republik Dominika hari Rabu pagi (11/8).

Pusat Badai Nasional Amerika Kamis (12/8) mengatakan bahwa badai Fred telah melemah menjadi depresi tropis tetapi diperkirakan tetap akan mencurahkan hujan lebat di Kuba, Bahama, dan Florida selatan dalam satu atau dua hari mendatang.

Peramal cuaca mengatakan, seperti diperkirakan, Fred melemah Rabu malam ketika melewati ketinggian di pulau Hispaniola. Saat ini badai itu bergerak di atas lautan 65 kilometer barat daya pulau Great Inagua di Bahama dan sekitar 175 km timur laut Guantanamo, Kuba. Kecepatan angin maksimum tercatat sekitar 55 km/jam.

Meskipun melemah, peramal cuaca mengatakan kondisi badai tropis mungkin terjadi pada Kamis untuk sebagian Haiti dan Bahama, serta Kuba pada Kamis malam, dengan angin kencang dan hujan lebat.

Fred diperkirakan bergerak melintasi Bahama dan Kuba pada Kamis dan Jumat dan bergerak di dekat Florida Keys dan Florida selatan pada Sabtu. Menurut peramal cuaca, Fred mungkin menguat pada Jumat, Sabtu dan Minggu.

Fred akan membawa hujan deras. Curah hujan diperkirakan 12 dan 20 sentimeter di Florida Keys dan Semenanjung Florida selatan. Diperkirakan terjadi banjir di beberapa tempat. [ka/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG