Tautan-tautan Akses

AS

Penutupan Pemerintah Berlanjut, Trump Kembali Kecam Kubu Demokrat


Pengumuman di depan gedung perpustakaan Kongres AS bahwa perpustakaan ini tutup akibat kebuntuan dalam anggaran belanja pemerintah federal (foto: ilustrasi).

Pemerintah Amerika tutup sebagian untuk hari ketiga Senin (22/1), awal dari pekan kerja baru, sementara Senat dijadwalkan akan mengadakan pemungutan suara tengah hari, apakah akan mengakhiri kemacetan perundingan di antara para anggota Senat yang mempunyai berbagai pandangan yang bertentangan mengenai pendanaan pemerintah federal dan kebijakan imigrasi.

Pemungutan suara itu adalah mengenai pendanaan pemerintah sampai akhir tanggal 8 Februari, tetapi masalah yang dipertentangkan mengenai perlindungan kira-kira 800 ribu imigran ilegal yang muda terhadap deportasi tetap tidak terselesaikan.

Fraksi Republik memegang mayoritas tipis 51-49 dalam majelis Senat, tetapi Demokrat yang minoritas menuntut jaminan agar majelis Senat akan segera mempertimbangkan rancangan undang-undang untuk melindungi dari deportasi imigran yang dibawa ke Amerika bertahun-tahun lalu oleh orang tua mereka.

Presiden Donald Trump mengecam anggota fraksi Demokrat dalam komentar twitternya yang baru, yang mengatakan, “Demokrat menolak pelayanan dan keamanan bagi warga demi memberi pelayanan dan keamanan bagi imigran ilegal. Tidak baik!”

Ia juga mengemukakan bahwa, “Demokrat telah menutup pemerintah kita demi kepentingan basis atau pendukung mereka yang berpandangan kiri jauh. Mereka tidak suka melakukannya tetapi mereka tidak berdaya.”

Direktur urusan Legislatif Gedung Putih Marc Short mengatakan kepada CNN bahwa pemerintahan Trump ingin “mencari jalan” bagi imigran muda, banyak dari mereka hanya mengenal Amerika Serikat sebagai negara tempat tinggal mereka, untuk tinggal di Amerika Serikat. Tetapi Short juga mengatakan ancaman keamanan yang sungguh-sungguh masih di perbatasan selatan Amerika dengan Meksiko, dan Trump menuntut pendanaan bagi tembok untuk menghambat imigrasi ilegal. [gp]

XS
SM
MD
LG