Tautan-tautan Akses

Pentagon Umumkan Paket Bantuan Baru $200 Juta untuk Ukraina


AS mengumumkan paket bantuan baru bernilai $200 juta, termasuk kendaraan lapis baja untuk Ukraina (foto: ilustrasi).
AS mengumumkan paket bantuan baru bernilai $200 juta, termasuk kendaraan lapis baja untuk Ukraina (foto: ilustrasi).

Amerika Serikat hari Senin (14/8) mengumumkan paket bantuan keamanan baru, bernilai $200 juta untuk Ukraina. Pejabat AS mengatakan, itu adalah cicilan pertama dari paket bantuan $6,2 miliar yang sebelumnya disahkan, di bawah otoritas presiden yang menjamin pengiriman cepat simpanan Pentagon untuk Ukraina.

Bantuan itu mencakup amunisi pertahanan udara, peluru artileri, kendaraan lapis baja, dan peralatan pembersih ranjau tambahan, kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, yang memainkan peran sentral dalam mengkoordinasikan pemberian itu.

Dua pejabat AS mengatakan kepada kantor berita Reuters Senin lalu, pemerintah AS akan memberi dana $6,2 miliar ke Ukraina setelah mendapati kesalahan penghitungan Pentagon yang menilai bantuan miliaran dolar yang terlalu tinggi.

Pada bulan Mei, Pentagon mengatakan telah salah menghitung persenjataan AS yang dikirim ke Kyiv dengan memasukkan "nilai pengganti" alih-alih "nilai yang terdepresiasi" untuk menghitung miliaran amunisi, rudal, dan peralatan lain yang dikirim ke Ukraina.

Kyiv mendapat keuntungan karena lebih banyak peralatan yang akan dikirim.

Washington kini sedang meminta anggaran tambahan untuk melanjutkan bantuan ke Kyiv, kata pejabat AS. [ps/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG