Tautan-tautan Akses

AS Melacak Pesawat Militer Rusia di Dekat Alaska


Pesawat tempur AS F-22 Raptor (bawah) mencegat pembom Tu-95 Rusia di Zona Identifikasi Pertahanan Area Alaska 16 Juni 2020 (foto: dok).
Pesawat tempur AS F-22 Raptor (bawah) mencegat pembom Tu-95 Rusia di Zona Identifikasi Pertahanan Area Alaska 16 Juni 2020 (foto: dok).

Militer AS memastikan bahwa empat pesawat militer Rusia yang dilacak beroperasi di dekat negara bagian Alaska, AS pada Minggu (13/8) malam dan Senin (14/8) pagi.

Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara (NORAD) mengatakan, telah "mendeteksi dan melacak" pesawat yang beroperasi di Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska (ADIZ).

“Pesawat Rusia tetap berada di wilayah udara internasional dan tidak memasuki wilayah kedaulatan udara Amerika atau Kanada. Aktivitas Rusia di ADIZ Alaska ini berlangsung secara teratur dan tidak dilihat sebagai ancaman,” kata NORAD dalam sebuah pernyataan, Senin.

ADIZ adalah wilayah udara internasional yang berbatasan langsung dengan wilayah udara yang berdaulat “memerlukan identifikasi, lokasi, dan siap mengendalikan semua pesawat untuk kepentingan keamanan nasional,” menurut NORAD.

“NORAD tetap siap menggunakan sejumlah opsi tanggapan untuk mempertahankan Amerika Utara,” kata komando itu.

Pada bulan Mei, jet tempur F-16 dan F-22 milik AS mencegat enam pesawat Rusia, termasuk pembom TU-95, jet tempur SU-35, dan pesawat tanker IL-78 yang memasuki ADIZ Alaska. Kurang dari seminggu kemudian, NORAD melacak pesawat militer Rusia lainnya yang beroperasi di ADIZ.

Penerbangan Mei itu terjadi, karena beberapa latihan militer skala besar yang direncanakan sedang berlangsung di dan sekitar Alaska. [ps/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG