Tautan-tautan Akses

AS

Pengadilan Memihak Kongres AS soal Rekening Bank Trump


Presiden AS Donald Trump

Pengadilan banding federal di New York hari Selasa (3/12) memihak Kongres dan menilai sah permintaan Kongres untuk mendapat rekening perbankan Presiden Donald Trump tetapi menyatakan informasi pribadi yang sensitif harus dilindungi.

Panel tiga hakim Pengadilan Banding Sirkuit Amerika ke-2 di Manhattan mengeluarkan putusan. Hakim Debra Ann Livingston mengatakan, pengadilan yang lebih rendah seharusnya memperhatikan "pertanyaan serius" yang muncul dari kasus ini, dan memberi waktu kepada masing-masing pihak untuk berunding.

Pengadilan itu mengatakan permintaan presiden dan anak-anaknya untuk memblokir panggilan komisi penyelidik Konges ditolak dengan cukup alasan oleh hakim tahun ini.

Komisi Jasa Keuangan dan Intelijen DPR telah meminta Deutsche Bank dan Capital One menyerahkan catatan terkait bisnis Trump. Pengacara komisi itu mengatakan mereka membutuhkan akses ke dokumen bank itu untuk menyelidiki kemungkinan pengaruh asing dalam proses politik Amerika dan kemungkinan pencucian uang dari luar negeri.

Trump dan tiga anaknya menantang perintah pengadilan itu.

Selama bertahun-tahun, Deutsche Bank telah meminjamkan jutaan dolar kepada perusahaan real estat Trump.(ka/ii)

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG