Tautan-tautan Akses

AS

Trump Mulai KTT NATO dengan Kecaman dan Janji


Presiden AS Donald Trump di Winfield House, London, Inggris, 3 Desember 2019.

Presiden AS Donald Trump memulai kunjungannya ke London dengan janji untuk tidak mencampuri pemilu Inggris yang dijadwalkan berlangsung 12 Desember.

"Saya tidak punya komentar mengenai (pemilu) itu. Ini akan menjadi pemilu penting bagi negara hebat ini. Tapi saya tidak punya pendapat,” kata Trump, berbicara di samping Sekjen NATO Jens Stoltenberg setelah pertemuan bilateral mereka, sewaktu para pemimpin dunia berkumpul untuk mengikuti KTT NATO.

Namun Trump tidak bisa menahan diri untuk tidak mengeluarkan pendapatnya mengenai PM Inggris Boris Johnson, dengan mengatakan, “Boris sangat cakap, dan saya yakin ia sangat mampu dan saya kira ia akan melaksanakan tugasnya dengan baik.”

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Johnson memperingatkan Trump untuk tidak memberikan pernyataan yang mendukung dirinya dalam pemilu. Ia menyatakan, demi kebaikan kedua negara, mereka tidak melibatkan diri dalam pemilu negara lain.

Pada Oktober lalu, Trump memuji Johnson sebagai orang yang tepat untuk waktu yang tepat, dan mengatakan bahwa Jeremy Corbyn dari Partai Buruh sangat buruk sebagai perdana menteri.

Para pemimpin dunia jarang melanggar norma-norma diplomasi, dan melibatkan diri dalam pemilu negara lain.

Trump dan Johnson akan bertemu dalam kegiatan-kegiatan kelompok dengan para pemimpin NATO lainnya, namun saat ini belum jelas apakah keduanya akan melakukan pertemuan tatap muka khusus. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG