Tautan-tautan Akses

Penantang Kanselir Jerman Janjikan Oposisi Kuat


Ketua partai dan kandidat teratas Partai Sosial Demokrat Jerman, Martin Schulz, memberikan pidato di markas partai tersebut di Berlin, setelah TPS untuk pemilihan parlemen telah ditutup, 24 September 2017.(AP Photo/Gero Breloer).

Penantang kiri moderat Kanselir Jerman Angela Merkel berjanji akan melakukan “oposisi yang kuat” setelah menderita kekalahan besar dalam pemilu kemarin.

Partai Sosial Demokrat Martin Schulz memperoleh 20,5 persen suara hari Minggu (24/9), perolehan paling buruk mereka sejak Perang Dunia Kedua, dan segera bertekad untuk keluar dari “koalisi besar” partai-partai dominan Jerman yang mendukung Merkel yang konservatif.

Schulz mengatakan hari Senin (25/9) prestasi koalisi itu mengharuskan adanya oposisi “yang kuat di negara ini.”

"Dalam demokrasi, oposisi mungkin bahkan kekuatan yang lebih menentukan daripada pemerintah. Oposisi-lah yang menunjukkan kepada pemerintah apa kesalahan yang dilakukannya,” kata Schulz kepada para pendukungnya.

Schulz mengatakan partai Liberal Demokrat, yang sudah kalah dalam empat kali pemilu berturut-turut, merupakan “partai yang menerima kekalahannya, menanggulanginya dan menjadikannya kekuatan yang paling besar di negara ini di masa depan.” [gp]

XS
SM
MD
LG