Tautan-tautan Akses

Merkel: Jerman akan Lipat Duakan Dana Perbaikan Mutu Udara


Kanselir Jerman Angela Merkel (foto: dok).

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan pemerintahannya berencana melipat-duakan besarnya dana untuk membantu peningkatan mutu udara di kota-kota Jerman dan mencegah larangan menjalankan mobil diesel tua.

Merkel hari Senin (4/9) mengusulkan peningkatan “dana mobilitas” hingga 1 milyar euro atau 1,2 milyar dolar. Dia mengatakan ini akan mendanai proyek-proyek perombakan sistem pengelolaan lalu-lintas hingga membantu peralihan ke mobil-mobil listrik.

Separuh dari dana 500 juta euro yang sebelumnya direncanakan diperoleh dari industri mobil. Wakil Kanselir Sigmar Gabriel memberi indikasi setelah ia dan Merkel bertemu dengan para walikota dan gubernur negara bagian bahwa ia memperkirakan pabrik-pabrik mobil akan menyumbang untuk peningkatan dana itu.

Bulan lalu, pabrik-pabrik mobil Jerman berjanji akan melengkapi lebih dari 5 juta mobil diesel di negara itu dengan piranti lunak yang lebih canggih untuk mengurangi emisi atau polusi dan membiayai perangsang bagi pemilik mobil tua untuk mengganti mobil mereka dengan model baru. [gp]

XS
SM
MD
LG